Dewan Masjid Menyerukan Penghentian Salat Jumat Selama PSBB di Jakarta

Rabu, 16 September 2020 | 13:35 WIB
Dewan Masjid Menyerukan Penghentian Salat Jumat Selama PSBB di Jakarta Dewan Masjid Menyerukan Penghentian Salat Jumat Selama PSBB di Jakarta

RIAU24.COM -  Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah meminta masjid-masjid di seluruh Jakarta untuk sementara waktu menghentikan sholat massal karena ibu kota memberlakukan kembali penguncian parsial, yang juga dikenal sebagai pembatasan sosial skala besar (PSBB), dalam dua minggu ke depan.

“Saya berharap masjid bisa meminimalkan atau sekaligus menghentikan kegiatan yang melibatkan jamaah besar, termasuk salat Jumat, hingga kebijakan PSBB dicabut,” kata Ketua DMI Jusuf Kalla, Selasa seperti dikutip kompas.com.

Baca Juga: Animo Masyarakat Untuk Pilkada 2020 Alami Penurunan

DMI mengeluarkan surat edaran soal itu pada hari yang sama. Pemprov DKI Jakarta pada Senin memberlakukan kembali PSBB untuk menahan penyebaran COVID-19. Ini telah mencatat jumlah kasus harian yang luar biasa dalam beberapa minggu terakhir, mengakibatkan tingkat hunian tempat tidur rumah sakit meningkat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, kota itu akan segera kehabisan tempat tidur rumah sakit jika tidak ada intervensi yang signifikan.

Kalla, mantan wakil presiden, juga mendorong masjid yang terletak di daerah padat penduduk atau daerah bertanda "merah", atau dengan risiko tinggi infeksi, dalam sistem pemetaan risiko COVID-19 ditutup sementara untuk membantu mengekang penyebaran virus corona. Masjid yang terletak di zona aman, kata dia, masih bisa mengadakan salat berjamaah asalkan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...