Dari Putra Petani Stroberi Hingga Menjadi Perdana Menteri Jepang, Inilah Perjalanan Karir Yoshihide Suga

Jumat, 18 September 2020 | 16:08 WIB
Dari Putra Petani Stroberi Hingga Menjadi Perdana Menteri Jepang, Inilah Perjalanan Karir Yoshihide Suga Dari Putra Petani Stroberi Hingga Menjadi Perdana Menteri Jepang, Inilah Perjalanan Karir Yoshihide Suga

RIAU24.COM -  Tidak ada yang mengalahkan kerja keras, dan ada banyak contoh kehidupan nyata untuk membuktikannya. Dan salah satunya adalah perdana menteri baru Jepang Yoshihide Suga yang juga menjadi penasihat utama pemerintah dan penegak kebijakan. Putra seorang petani, Suga terpilih sebagai presiden Partai Demokrat Liberal pada 14 September 2020 dan secara resmi terpilih sebagai Perdana Menteri pada 16 September 2020.

Yoshihide Suga lahir dari keluarga petani stroberi di pedesaan Akita, di utara Jepang. Dia pindah ke Tokyo setelah lulus dari Yuzawa High School dan mengikuti sekolah malam untuk mendapatkan gelar Sarjana Hukum dari Universitas Hosei pada tahun 1973.

Yoshihide Suga memilih Hosei "karena itu adalah pilihan termurah yang tersedia dan bekerja di pabrik karton di Tokyo untuk membayar biaya sekolahnya".

Baca Juga: Berkenalan Dengan Durian Paduka, Durian yang Pernah Dinobatkan Sebagai Raja Buah Terbaik di Perak

Setelah lulus dari Universitas Hosei, Suga bekerja dalam kampanye pemilihan Dewan Penasihat. Dia terpilih untuk jabatan pertamanya pada tahun 1987 sebagai anggota dewan kota di Yokohama di luar Tokyo, dan masuk parlemen pada tahun 1996. Dia merujuk pada latar belakangnya dalam menerima pencalonan partai sebagai pemimpin, dengan mengatakan dia "mulai dari nol".

Disebut akrab sebagai "Paman Reiwa", Suga hanya mengizinkan sekilas kehidupan pribadinya dengan keluarganya jauh dari sorotan, tetapi terungkap dalam wawancara bahwa ia mengakhiri harinya dengan 100 sit-up di pagi hari dan 100 di malam hari.

Yoshihide Suga terkenal dan digambarkan dalam berbagai laporan media sebagai "tangan kanan" Shinzo Abe dan secara luas dipandang sebagai penggantinya.

Ketika Shinzo Abe menentang rintangan dan kembali berkuasa pada 2012, dia menunjuk Suga ke peran sekretaris kabinet kepala yang kuat, dari mana dia dikatakan telah membantu mendorong beberapa kebijakan penting Abe, termasuk melonggarkan pembatasan pada pekerja asing.

Baca Juga: Mengejutkan, Beberapa Penduduk Melihat Cahaya Aneh di Hawaii, Memicu Isu Tentang UFO

"Karena saya tidak minum alkohol sama sekali dan saya mengatakan saya suka yang manis-manis seperti pancake, citra saya telah banyak berubah," keluh Suga baru-baru ini.

Pria berusia 71 tahun itu dengan mudah memenangkan pemilihan untuk menjabat pada Rabu di parlemen, di mana Partai Demokrat Liberal yang berkuasa memimpin mayoritas yang nyaman, menggantikan Shinzo Abe, yang mengundurkan diri karena alasan kesehatan.

Pesan Suga
"Saya, dengan latar belakang ini, mampu menjadi pemimpin Partai Demokrat Liberal dengan segala sejarah dan tradisinya," kata Yoshihide Suga. "Aku akan mengabdikan seluruh diriku untuk Jepang dan rakyat Jepang."

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...