Ilmuwan Menggunakan Pohon Australia Yang Mematikan yang Dikenal Karena Sengatnya Untuk Membuat Obat Pereda Sakit

Sabtu, 19 September 2020 | 13:14 WIB
Ilmuwan Menggunakan Pohon Australia Yang Mematikan yang Dikenal Karena Sengatnya Untuk Membuat Obat Pereda Sakit Ilmuwan Menggunakan Pohon Australia Yang Mematikan yang Dikenal Karena Sengatnya Untuk Membuat Obat Pereda Sakit

RIAU24.COM - Australia terkenal memiliki banyak flora dan fauna paling berbisa di dunia, dan salah satu tanaman paling terkenal karena sengatnya adalah pohon Gympie-Gympie. Menurut laporan, para peneliti sekarang mencoba membuat obat penghilang rasa sakit dari tanaman penyebab rasa sakit.

Tanaman ini dikenal sangat beracun dan menyebabkan rasa sakit yang menyiksa dan bertahan lama pada manusia. Tetapi sekelompok peneliti percaya tanaman ini memegang kunci untuk membuka obat penghilang rasa sakit baru. Menurut laporan di New Medical, tim peneliti di University of Queensland di Brisbane memeriksa racun yang dihasilkan oleh dua spesies pohon penyengat Australia - Gympie-Gympie (Dendrocnide moroides) berukuran semak dan pohon penyengat Australia raksasa ( Dendrocnide excelsa).

Baca Juga: Baru Berusia 20 Hari, Bayi Malang Ini Meninggal Karena Tersedak Susu

Mereka menemukan racun baru pada tanaman ini yang dinamai "gympietides", diambil dari nama pohon tempat mereka berasal. Habitat umum tumbuhan ini ada di sepanjang wilayah Sungai Utara di New South Wales. Mereka juga ditemukan di wilayah ujung Semenanjung Cape York.

Tumbuhan ini memiliki ekstensi seperti jarum yang disebut trikoma, di seluruh permukaannya. Rasa sakit yang disebabkan oleh trikoma ini bisa berlangsung berjam-jam di kulit manusia, dengan flare berulang selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu.

"Spesies pohon penyengat Australia sangat terkenal karena menghasilkan sengatan yang sangat menyakitkan, yang tidak seperti kerabat mereka di Eropa dan Amerika Utara yang dapat menyebabkan gejala yang berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu," kata Irina Vetter, profesor di Institut Biosains Molekuler UQ.

"Seperti tanaman penyengat lainnya seperti jelatang, pohon penyengat raksasa ditutupi dengan pelengkap seperti jarum yang disebut trikoma yang panjangnya sekitar lima milimeter — trikoma terlihat seperti rambut halus, tetapi bertindak seperti jarum suntik yang menyuntikkan racun saat mereka bersentuhan dengan kulit, "tambahnya.

Baca Juga: Alami Gangguan Kecemasan yang Terlalu Parah, Jeongyeon Personil TWICE Absen Dari Kegiatan Grup

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances, tim tersebut menunjukkan bahwa racun dari pohon yang menyengat mengandung peptida penyebab rasa sakit yang tidak diketahui.

Pohon penyengat Australia menghasilkan racun saraf yang menyerupai racun dalam struktur molekulnya dan cara penggunaannya melalui suntikan. Para peneliti memfokuskan studi ini pada pemahaman bagaimana peptida ini menyebabkan rasa sakit. Tujuannya adalah untuk mengekstrak informasi tentang fungsi saraf penginderaan rasa sakit, dan karena itu, mengembangkan obat penghilang rasa sakit baru dengan pengetahuan ini.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...