Hadapi Pilkada,  PWI Kuansing Ingatkan Anggota Untuk Jaga Netralitas

Selasa, 22 September 2020 | 18:26 WIB
Hadapi Pilkada,  PWI Kuansing Ingatkan Anggota Untuk Jaga Netralitas (foto/zar) Hadapi Pilkada,  PWI Kuansing Ingatkan Anggota Untuk Jaga Netralitas (foto/zar)

RIAU24.COM -  KUANSING - Pilkada serentak yang bakal berlangsung di Kabupaten Kuantan Singingi pada Desember mendatang, saat ini sudah memasuki tahapan Penetapan pasangan Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati, Rabu (23/9). Dan akan memasuki tahapan kampanye pada tanggal 26 September 2020 mendatang.

Baca Juga: Alhamdulillah, Hari Ini, Kuansing Nihil Kasus Covid-19



Untuk itu, PWI Kuansing mengingatkan para anggotanya, agar menjaga netralitas lembaga PWI ini ditengah pelaksanaan Pilkada Kuansing. "Ini perlu diingatkan, karena kita tidak ingin lembaga ini dituding berpihak. Dan saya pastikan, bahwa organisasi PWI Kuansing tidak berpihak kepada siapapun. Dan kepada seluruh anggotanya diminta untuk sama-sama menjaga netralitas," Ungkap Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kuansing, Idi Susianto saat rapat bersama anggota PWI di Sekretariat PWI Kuansing, Selasa (22/9).

Begitu juga kepada pengurus dan anggota yang terlibat langsung dalam tim pemenangan pasangan calon, Idi memastikan, bahwa mereka telah membuat Surat Cuti atau non aktif dari pengurus dan keanggotaan PWI. Mulai dari penetapan, 23 September hingga 10 Desember 2020.

Baca Juga: Pemburu Teking Covid-19 Polres Kuansing, 42 Orang Terjaring dan Diberi Sanksi

"Sengaja kami mengundang seluruh anggota PWI, untuk memastikan bahwa bagi anggota yang masuk dalam Tim Pemenangan Pasangan Calon. Kalau ada, itu mereka sudah mengajukan surat cuti atau non aktif," ujarnya.

Ke depan, diingatkannya agar masing-masing anggota PWI, untuk tetap mengedepankan menjaga kondusifitas di daerah, dengan menyampaikan informasi yang baik dan mendidik kepada masyarakat. Terutama setiap wartawan, diminta jangan menyampaikan informasi yang bisa menimbulkan konflik antar kepentingan di masyarakat. "Kepada semuanya, saya minta tetap jaga kondusifitas masyarakat dalam hal penyampaian informasi kepada masyarakat," tambahnya.

Tidak hanya wartawan yang dituntut profesional, akan tetapi para Paslon dan Tim Pemenangan, juga harus bersikap profesional dengan memberi kesempatan yang sama kepada seluruh wartawan untuk akses informasi. "Jadi, tidak hanya wartawan yang dituntut profesional, tetapi juga seluruh Paslon dan Tim Pemenangan juga harus professional," diingatkannya.

Dirinya berharap, agar Pilkada Kuansing 2020 ini berlangsung Aman, Damai dan Tertib. Sehingga melahirkan pemimpin yang peduli dan berkomitmen, untuk membangun Kuansing ke arah yang lebih baik.(Zar/rls)

PenulisR24/zar



Loading...
Loading...