Di Tengah Pandemi, Eka Hospital Pekanbaru Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Rabu, 14 Oktober 2020 | 18:16 WIB
Eka Hospital Pekanbaru Eka Hospital Pekanbaru

RIAU24.COM - Di tengah pandemi, banyak sebagian orang yang hanya fokus pada covid-19 hingga lupa akan penyakit lainnya, sehingga cenderung lalai untuk memeriksakan diri.

Menyadari hal itu, Eka Hospital Pekanbaru yang telah lulus re-akreditasi baik secara nasional dan internasional pada maret 2020 sangat menekankan alur keselamatan pasien, baik yang berhubungan dengan penyakit menular seperti Covid-19, hingga keamanan pasien saat didalam bangunan, sehingga pelayanan kesehatan dapat berjalan normal dengan memerhatikan protokol kesehatan.

"Kami melakukan screening sangat ketat. Dari pintu masuk dilakukan cek suhu tubuh untuk 
pengunjung dan pengisian form singkat secara digital berisi informasi medis kesehatan yang akan dibantu oleh tim kami. Kami juga memisahkan pintu masuk untuk pasien bergejala melalui koridor IGD," ungkap Erwin Suyanto, Head Marketing Corporate & Public Relation Eka Hospital dalam keterangan rilisnya hari ini.

Baca Juga: Sampai Akhir Tahun ini, BPJS Kesehatan Masih Berlakukan Relaksasi Tunggakan

"Social distancing sangat terjaga di dalam Rumah Sakit, menyiapkan cairan disinfektan di tiap sudut bahkan disinfektan rutin setiap 12 jam diseluruh sisi bangunan dan 24 jam paralel pada lokasi-lokasi rawan sentuhan," lanjutnya. 

Tak hanya itu, setiap karyawan di Eka Hospital, dilengkapi oleh APD tingkat 1, 2, dan 3 secara lengkap sesuai dengan kebutuhannya. Serta melakukan pengecekan rapid test serology dan swab test secara berkala untuk setiap tenaga medis yang bersentuhan langsung dalam melayani pasien.

Fasilitas yang dimiliki oleh Eka Hospital juga sangat mendukung sehingga penyebaran virus menjadi sangat minim. Seperti penyediaan 1 pasien 1 kamar untuk menghindari penularan antar pasien yang dapat dinikmati dari kelas terendah.

Baca Juga: Atmosfer Wisata Mulai Naik Sejak Tol Pekanbaru-Dumai Beroperasi, Pengamat Ingatkan Pelancong Patuhi Prokes 3M

"kami juga menggunakan Hepa Filter (99,997% filter) yang terhubung dengan pendingin ruangan. Juga ruangan bertekanan negatif pada kamar perawatan hingga kamar operasi untuk mencegah udara keluar dari ruangan. Semua ini sudah kami lakukan sejak dulu dan ada di seluruh Eka Hospital," kata dia menjelaskan.

Dilanjutkan dia, partisipasi masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. "Serta penyataan jujur dapat membantu kami melayani Anda selama 24 jam," tuturnya. 

PenulisR24/ibl



Loading...
Loading...