Diskes Riau Tak Bantah Adanya Kesalahan Data Covid-19: Manusiawi, ada Kesalahan Data

Jumat, 16 Oktober 2020 | 21:32 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir

RIAU24.COM - Di Riau, masyarakat diresahkan dengan adanya kesalahan data pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Tak hanya itu, yang sudah meninggal dunia pun dinyatakan positif Covid-19.

Terkait hal tersebut, Kepala Diskes Riau, Mimi Yuliani Nazir menyebutkan, dalam protokol penanganan pasien di rumah sakit, pasien suspect harus menjalani isolasi dan swab.

Baca Juga: 250 Pasien Covid-19 di Provinsi Riau Dinyatakan Sembuh

"Jika hasil swab dinyatakan negatif, maka pasien akan dipindah ke ruang perawatan biasa. Kalau positif, tetap di ruang isolasi," ujar Mimi, Jumat 16 Oktober 2020.

Dia sendiri tidak membantah adanya kesalahan data identitas ataupun usia pasien yang dinyatakan terkonfirmasi positif, maupun yang sudah meninggal dunia.

Baca Juga: 6 Orang Meninggal Dunia Karena Corona, Semua Berasal dari Kota Pekanbaru
 
"Kesalahan data itu, karena petugas bekerja dari pagi sampai malam dan kebanyakan tidak pakai shif. Data yang diperoleh juga harus dikonfirmasi ulang ke rumah sakit. Jadi manusiawi, ada kesalahan data pasien itu," terang Mimi.

Seperti yang diketahui terkait adanya kesalahan data pasien Covid-19 ini, bahkan kasusnya sudah sampai ke ranah hukum. Sejumlah keluarga pasien Covid-19 membuat laporan ke Polda Riau.

PenulisR24/ibl



Loading...
Loading...