Orang Positif Covid-19 Terus Bertambah, IDI Kuansing Minta Para Dokter Tetap Waspada

Minggu, 25 Oktober 2020 | 17:19 WIB
Orang Positif Covid-19 Terus Bertambah, IDI Kuansing Minta Para Dokter Tetap Waspada (foto/zar) Orang Positif Covid-19 Terus Bertambah, IDI Kuansing Minta Para Dokter Tetap Waspada (foto/zar)

RIAU24.COM - KUANSING- Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, dr. H. Fahdiansyah, SpOG mengingatkan seluruh anggotanya, untuk dapat menerapkan Protokol Kesehatan dalam penanganan Pasien Covid-19.

"Sebelum menangani pasien, pastikan bahwa diri kita aman terlebih dahulu. Kalau kita sudah aman, baru tangani pasien," Penegasan itu disampaikan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kuantan Singingi,  dr. H. Fahdiansyah, SpOG pada saat Zoom Meeting Rapat Pembahasan Perkembangan Covid-19, bertempat di Ruang Multimedia Kantor Bupati Kuansing, Jumat (23/10) kemarin.

Baca Juga: Masa Belajar Semester Ganjil Bakal Berakhir, Untuk Ujian Semester Akan Dilakukan Secara Daring



Dikatakannya, Se iring banyaknya tenaga medis terutama dokter yang terinfeksi Covid-19, setidaknya sampai hari ini sudah ada enam dokter di Kuansing yang terpapar Covid-19. " Sampai hari ini, ada enam orang dokter di Kuansing yang terpapar Covid-19. Beberapa orang sudah sembuh dan ada juga yang masih menjalani perawatan atau isolasi mandiri," jelasnya.

Menurutnya, Dalam situasi Pandemi Covid-19, para Dokter dan Tenaga Medis yang paling rentan terpapar. Sebab, mereka menjadi ujung tombak dalam penanganan pasien. " Nah, pasien dengan gejala ringan perlu menjadi perhatian kita bersama, jangan sampai kita abaikan protokol kesehatan dalam menanganinya. Perlakuannya harus sama dengan pasien gejala berat, begitu juga dengan OTG," ujarnya yang biasa disapa dr. Ukup ini.

Baca Juga: Distan Kuansing Salurkan Bantuan Bibit Kelapa Sawit, Jumlahnya Mencapai 17.030 Batang

dr. Ukup menyakini, perlu kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan dalam menangani pasien. Sehingga, pasien bisa ditolong dan tenaga medis terhindar dari Covid-19. " Misalnya pasien datang mengeluhkan batuk atau deman, kan kita belum tahu apakah mereka terpapar atau tidak. Nah, penanganannya harus standar. Memakai APD, seperti masker dan sarung tangan," tuturnya.

Zoom Meeting Rapat Pembahasan Perkembangan Covid-19 ini, dihadiri langsung PJs Bupati Kuansing Roni Rakhmat, Sekdakab DR. Dianto Mampanini, Asisten, Tim Gugus Tugas Covid-19, Kepala Dinas, Direktur RSUD, Camat, Ketua IDI Kuansing, Kepala Puskesmas se Kuansing. 

PenulisR24/zar



Loading...
Loading...