Ini Penyebab Harga Sawit di Riau Ikut Turun Sepekan Mendatang

Selasa, 27 Oktober 2020 | 13:23 WIB
Kabid Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Riau, Defris Hatmaja Kabid Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Riau, Defris Hatmaja

RIAU24.COM - Kabid Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Riau, Defris Hatmaja mengatakan, harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Riau turun sebesar 1,43 % dari harga minggu lalu.

"Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp 2.092,40/Kg. Dan penurunan ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal," kata dia kepada redaksi, Selasa, 27 Oktober 2020.

Dari segi faktor internal, kata Defris, turunnya harga TBS periode ini dengan persentase yang sedikit disebabkan oleh terjadinya penurunan harga jual CPO dan kenaikan harga kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data.

Baca Juga: Oknum Guru Disidang Karena Kampanye Paslon Nomor 4 Pilkada Pelalawan, Ini Kata Ketua PGRI

Dia merincikan, untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami penurunan harga sebesar Rp. 123,97/kg, Sinar Mas Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 267,00/Kg, PT. Astra Agro mengalami penurunan harga sebesar Rp. 335,00/kg, PT. Asian Agri Group mengalami penurunan harga sebesar Rp 102,97/Kg dari harga minggu lalu.

"Sedangkan untuk harga jual kernel, PT. Astra Agro mengalami kenaikan harga sebesar Rp. 329,09/Kg, PT Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp 13,00/Kg dari harga minggu lalu," tambahnya.

Sementara dari faktor eksternal, penurunan harga TBS minggu ini karena harga minyak sawit mentah (CPO) bergerak turun sepanjang pekan ini. Harga sempat naik pada awal pekan, tetapi kemudian terkoreksi tiga hari berturut-turut.

Baca Juga: ACT Riau Bersama IAC Gelar Daurah Tajwid Di Pekanbaru

"Minggu ini, harga CPO acuan di Bursa Malaysia untuk kontrak yang berakhir 15 Januari 2021 ambles 1,41% secara point-to-point. Harga CPO kini sudah berada di bawah MYR 2.900/ton. Koreksi harga CPO disebabkan oleh penurunan permintaan di India," kata Defris lagi.

"Pada September 2020, impor CPO India tercatat 643.994 ton atau turun 27% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya," tutupnya.

PenulisR24/ibl



Loading...

Terpopuler

Loading...