Anak Laki-Laki Menjual Ginjalnya Untuk Membeli iPhone 9 Tahun yang Lalu, Akhirnya Terbaring di Tempat Tidur Seumur Hidup

Selasa, 17 November 2020 | 14:57 WIB
Anak Laki-Laki Menjual Ginjalnya Untuk Membeli iPhone 9 Tahun yang Lalu, Akhirnya Terbaring di Tempat Tidur Seumur Hidup Anak Laki-Laki Menjual Ginjalnya Untuk Membeli iPhone 9 Tahun yang Lalu, Akhirnya Terbaring di Tempat Tidur Seumur Hidup

RIAU24.COM -  Saat seri iPhone 12 diluncurkan Apple pada 13 Oktober lalu, orang tak henti-hentinya membicarakannya. Sementara fitur-fiturnya menjadi fokus, banyak juga yang berbicara tentang harga tinggi. Netizen datang dengan meme dan lelucon lucu. Beberapa bahkan berbicara tentang mencuri uang atau menyerahkan ginjal.

Tapi ada kenyataan yang mengejutkan di balik lelucon ginjal itu. Itu terjadi pada seorang anak berusia 25 tahun di Tiongkok. Pada 2011, Wang Shangku menjual satu ginjal untuk membeli 2 perangkat Apple. Wang berusia 17 tahun saat itu, menjajakan ginjalnya di pasar gelap seharga $ 3273 USD. Dia kemudian membeli iPhone 4 dan iPad2 dengan uang itu, sesuai laporan Wakil.

Baca Juga: Mulianya Hati Presiden Azerbeijan, Masjid Ini Kembali Difungsikan Seperti Lazimnya Setelah Dibuat Orang Armenia Jadi Kandang Babi

Karena putus asa, dia membalas pesan dari seorang pemanen organ di chatroom online. Dia diberitahu bahwa dia bisa mendapatkan 20.000 yuan ($ 3.000). Dia kemudian menjalani operasi ilegal di provinsi Hunan tengah di mana ginjal kanannya diangkat.

Itu 9 tahun yang lalu. Keadaannya saat ini tragis. Wang dipasang ke mesin dialisis karena defisiensi ginjal dan kemungkinan besar harus terbaring di tempat tidur seumur hidup.

Beberapa bulan setelah operasi, ginjal Wang yang lain mengalami infeksi. Bertahun-tahun berlalu, kondisinya menjadi lebih buruk dan dia tidak bisa meninggalkan tempat tidurnya membutuhkan cuci darah setiap hari untuk membersihkan darah dari racun.

Baca Juga: Saat Para Petani Diserang Meriam Air dan Gas Air Mata, Petani Memberi Makan Polisi, Menawarkan Air Minum

Sebuah laporan oleh NPR mengatakan bahwa ibu Wang menjadi curiga setelah operasi dan dia mengaku padanya. 9 orang ditangkap atas tuduhan perdagangan organ. Sebuah iPhone terbukti terlalu mahal untuk anak muda ini.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...