Hari Ini Visa Umrah Kembali Terbit

Kamis, 19 November 2020 | 14:43 WIB
Hari Ini Visa Umrah Kembali Terbit (foto/int) Hari Ini Visa Umrah Kembali Terbit (foto/int)

RIAU24.COM - Mulai hari ini para jemaah umrah bisa memperoleh visa umrah sebagaimana sebelumnya adanya insiden terdapat jemaah umrah yang positif terkena virus Corona.

Hal itulah yang diungkapkan oleh Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Zaky Anshary saat dihubungi wartawan, Jakarta, Kamis (19/11/2020).

Baca Juga: Dompet Dhuafa Luncurkan Sentra Ternak Pengembangan Dana Zakat



"Alhamdulillah per hari ini tanggal 19 November 2020, visa jemaah umrah Indonesia sudah mulai terbit," kata Zaky.

Dengan demikian, gelombang keempat  jemaah umrah asal Indonesia akan berangkat ke Arab Saudi pada Minggu (22/11/2020).

Sebelumnya, visa umrah untuk jemaah Indonesia belum dipastikan akan terbit kembali. Visa umrah tersebut sempat ditutup sejak adanya jemaah umrah asal Indonesia yang positif Covid-19 di Mekkah.

Baca Juga: Citra Kirana Unggah Foto Anak dan Suami, Netizen Langsung Gemas

Zaky menuturkan, pihaknya akan terus bekerja sama dan berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama dalam penyelenggaraan umrah dan haji di masa pandemi.

Ia juga mengapresiasi pemerintah Kerajaan Arab Saudi atas kepercayaan terhadap jemaah umrah Indonesia.

"Terima kasih Kerajaan Arab Saudi yang mempercayakan jemaah umrah Indonesia. Kepada Menteri Agama yang telah membuat pedoman Penyelenggaraan Umrah di masa pandemi dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 719 yang sangat lengkap untuk melindungi masyarakat yang akan menyelenggarakan umrah," ucapnya.

Seperti diketahui, pemerintah Arab Saudi sempat menghentikan penerbitan visa umrah untuk Indonesia, menyusul adanya 13 jemaah umrah asal Tanah Air yang dinyatakan positif Covid-19.

Menurut Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Oman Fathurahman hal itu dilakukan pemerintah Arab Saudi sebagai langkah evaluasi dan pengaturan terhadap penyelenggaraan ibadah umrah bagi jemaah Indonesia.

Kata Menteri Agama Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan, jemaah asal Indonesia tetap diperbolehkan masuk ke wilayah Arab Saudi untuk menjalankan umrah.

Menurut Fachrul, kabar yang menyebut Pemerintah Arab Saudi menutup akses umrah bagi jemaah RI merupakan hoaks.

"Soal umrah ditutup, insya Allah sejauh ini hanya hoaks saja," kata Fahcrul dalam rapat bersama Komisi VIII DPR, Rabu (18/11/2020).

Ia pun menyatakan, pada 22 November mendatang, bakal ada lagi rombongan jemaah umrah yang berangkat ke Arab Saudi.

Fachrul menyebut, tidak ada penghentian penerbitan visa umrah bagi jemaah RI.

PenulisR24/bis



Loading...
Loading...