Ditanya Kapan Suntik Vaksin Akan Dilaksanakan, Erick Thohir Jawab Begini

Sabtu, 21 November 2020 | 00:23 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

RIAU24.COM -  Hingga saat ini, pemerintah belum juga memastikan kapan akan memulai penyuntikan vaksin Corona Covid-19 kepada rakyat Indonesia. Meski sebelumnya, sempat beredar kabar bahwa kegiatan itu akan digelar pada akhir Desember mendatang. 

Terkait hal itu, Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir, akhirnya angkat suara. Menurutnya, sejauh ini yang bisa dipastikan adalah datangnya vaksin impor ke Indonesia. Rencananya, vaksin tersebut didatangkan pada tahun ini juga.

Baca Juga: Jokowi Tunjuk Luhut Sebagai Pengganti Sementara Menteri Edhy

"Konteksnya mungkin gini, datang sama disuntik beda lho. Kalau datang, tadi saya bilang saya masih optimis bisa datang di akhir November atau awal Desember. Tetapi itu bukan divaksin, (tapi) datang dulu barangnya," terangnya, dalam acara bertajuk Indonesia Townhall di salah satu stasiun televisi nasional, Jumat 20 November 2020 tadi malam.

Lebih lanjut, Erick menerangkan, begitu vaksin impor tiba di Indonesia tidak bisa langsung disuntikkan ke orang, masih ada proses yang mesti dilakukan.

"Nah kalau kita tentu mengharapkan secepatnya, secepatnya datang bukan buat divaksin. Tapi kan proses daripada vaksin itu harus penuh dengan kehati-hatian. Apalagi ada dua macam vaksin yang datang, ada yang (sudah) jadi, ada yang harus dibuat (di dalam negeri)," terangnya lagi. 

Baca Juga: Nathalie Unggah Foto Mesra Dengan Sule di Pantai, Netizen Doakan Cepat Punya Momongan

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah beberapa kali melontarkan pernyataan, bahwa vaksin yang ada di Indonesia harus dipastikan sesuai standar WHO, uji klinisnya dilalui, dan harus ada kehati-hatian. Namun Presiden juga mengatakan, kalau proses penyuntikan bisa dilakukan lebih cepat, maka hal itu akan lebih baik.

"Bukan berarti menghalalkan segala cara. Saya masih optimis ketika nanti vaksinnya bisa datang di bulan November ataupun awal Desember itu datang dulu belum langsung di (suntik)," ujarnya. ***

PenulisR24/wan



Loading...
Loading...