Kuil Hindu, Diyakini Berusia 1300 Tahun, Baru Saja Ditemukan Di Distrik Swat Pakistan

Minggu, 22 November 2020 | 22:10 WIB
Kuil Hindu, Diyakini Berusia 1300 Tahun, Baru Saja Ditemukan Di Distrik Swat Pakistan Kuil Hindu, Diyakini Berusia 1300 Tahun, Baru Saja Ditemukan Di Distrik Swat Pakistan

RIAU24.COM -  Sebuah kuil Hindu, yang mungkin dibuat 1300 tahun yang lalu, telah ditemukan oleh arkeolog Pakistan dan Italia di distrik Swat Pakistan barat laut, sesuai laporan PTI.

Penemuan itu terjadi di Barikot Ghundai.

Mengumumkannya pada 19 November, Fazle Khaliq dari Departemen Arkeologi Khyber Pakhtunkhwa mengatakan itu adalah kuil Dewa Wisnu.

Itu dibangun selama periode Hindu Shahi, tambahnya.

Baca Juga: Korsel Ragu Korea Utara Bebas Dari Covid-19, Kalau Bohong Negeri yang Dipimpin Kim Jong-un Terancam Hancur

Hindu Shahis atau Kabul Shahis (850-1026 M) adalah sebuah dinasti Hindu yang menguasai Lembah Kabul di Afghanistan timur, Gandhara dan yang sekarang menjadi barat laut India.

Arkeolog juga menemukan cantonment dan menara pengawas tidak jauh dari situs.

Ada pula tangki air yang dipercaya untuk mandi sebelum beribadah.

Khaliq melanjutkan dengan mengatakan bahwa Swat adalah rumah bagi situs arkeologi berusia ribuan tahun ditambah jejak dari periode Hindu Shahi telah ditemukan untuk pertama kalinya di daerah tersebut.

Dr. Luka, kepala misi arkeologi Italia, mengatakan itu adalah kuil peradaban Ghandhara yang ditemukan di Swat.

Beberapa tempat ibadah Buddha juga ada di Swat.

Ini bukan penemuan besar pertama belakangan ini. Kembali pada bulan Oktober, sungai yang 'hilang' ditemukan setelah 172.000 tahun di gurun Thar di Rajasthan.

Baca Juga: Pengakuan Bekas Tahanan Uighur di Xinjiang: Disiksa dan Dipaksa Makan Daging Babi

Sungai yang diyakini mengalir sekitar 172 ribu tahun lalu itu ditemukan di dekat Bikaner. Penemuan tersebut, yang diterbitkan dalam jurnal Quaternary Science Reviews, mewakili fase tertua dari aktivitas sungai di Nal Quarry di tengah Gurun Thar.

Studi oleh para peneliti dari The Max Planck Institute for the Science of Human History di Jerman, Anna University di Tamil Nadu, dan IISER Kolkata menunjukkan bahwa populasi Zaman Batu hidup di lanskap Gurun Thar yang sangat berbeda dari yang kita temui saat ini. Bukti ini menunjukkan adanya sungai yang mengalir dengan fase aktivitas kira-kira hingga 172 ribu tahun yang lalu, di dekat Bikaner, Rajasthan, yang berjarak lebih dari 200 kilometer dari sungai modern terdekat.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...