Meski Tak Terpilih Jadi Presiden, Trump Berhasil Mengumpulkan USD 170 Juta Sepanjang Pemilihan

Rabu, 02 Desember 2020 | 15:31 WIB
Meski Tak Terpilih Jadi Presiden, Trump Berhasil Mengumpulkan USD 170 Juta Sepanjang Pemilihan Meski Tak Terpilih Jadi Presiden, Trump Berhasil Mengumpulkan USD 170 Juta Sepanjang Pemilihan

RIAU24.COM -  Presiden Donald Trump telah mengumpulkan sekitar USD 170 juta sejak kekalahannya di Hari Pemilihan, jumlah yang dikumpulkan melalui aliran permohonan tanpa henti yang secara keliru mengklaim bahwa pemilihan tersebut telah dicuri saat meminta sumbangan untuk "dana pertahanan pemilu."

Sebagian besar uang terkumpul pada hari-hari setelah pemilihan 3 November, menurut seseorang yang mengetahui upaya Trump yang meminta anonimitas pada hari Selasa untuk membahas rincian operasi tersebut.

Jumlah tersebut, yang mendekati jumlah yang diterima Trump pada puncak kampanye, menawarkan tanda lain bahwa ia tidak berniat meninggalkan Gedung Putih secara diam-diam dan akan tetap menjadi kekuatan yang kuat dalam politik Republik.

Baca Juga: Gawat, Jualan Produk Kesehatan, Salesman Ini Malah Jadi Superspreader Covid-19, Picu Terjadinya 102 Kasus

Ketika peluang Trump untuk terpilih kembali menyusut dalam beberapa jam dan hari setelah pemilu, kampanyenya mulai membombardir para pendukung dengan ratusan email dan pesan teks yang membuat klaim yang tidak akurat tentang penipuan pemilih dan penyimpangan pemilu, sambil meminta uang untuk memperjuangkan hasilnya.

Mereka belum berhenti sejak itu.

“Ayah saya 100% benar ketika dia mengatakan surat suara masuk akan menimbulkan masalah. ANDA berhak mendapatkan Pemilu yang ADIL dan TRANSPARAN, ”kata putra Trump, Donald Trump Jr., Selasa dalam salah satu email tersebut.

Tetapi catatan kecil menunjukkan bahwa sebagian besar uang telah membayar hutang kampanye, mengisi kembali Komite Nasional Republik dan, baru-baru ini, membantu menyelamatkan Amerika, sebuah komite aksi politik baru yang didirikan Trump, dari tanah.

Tujuh puluh lima persen dari setiap kontribusi yang diberikan sekarang masuk ke Save America, dengan 25% sisanya masuk ke rekening operasi RNC. Hanya setelah donor memberikan batas maksimum hukum kepada komite politik Trump dan RNC, uang mulai mengalir ke rekening yang secara khusus dimaksudkan untuk membayar proses hukum terkait pemilihan.

Kontribusi maksimum satu tahun Save America adalah $ 5.000, sedangkan RNC dapat mengumpulkan $ 35.000.

Cara kampanye Trump yang tidak biasa membagi-bagikan kontribusi telah menarik pengawasan dari pengawas pemilu, yang mengatakan Trump dan keluarganya siap untuk mendapatkan keuntungan finansial dari pengaturan tersebut.

Save America adalah jenis komite kampanye yang sering disebut sebagai "PAC kepemimpinan", yang memiliki batas kontribusi lebih tinggi - $ 5.000 per tahun - dan menghadapi lebih sedikit batasan tentang bagaimana uang dibelanjakan. Tidak seperti akun kampanye kandidat, PAC kepemimpinan juga dapat digunakan untuk membayar pengeluaran pribadi.

Baca Juga: Terkuak, Dokter di China Bungkam Tentang Asal Virus Corona yang Sebenarnya

Upaya tersebut bukan satu-satunya operasi penggalangan dana yang melibatkan keluarga Trump.

Secara terpisah, dua penasihat politik untuk Donald Trump Jr. telah meluncurkan komite aksi politik super yang disebut "Selamatkan Senat AS PAC." Kelompok itu mengumpulkan uang untuk iklan, yang menampilkan Trump yang lebih muda, yang akan mendorong para pendukung presiden untuk memberikan suara dalam dua pemilihan pelantikan Senat yang akan diadakan di Georgia pada 5 Januari.

Kontes akan menentukan apakah Partai Republik mempertahankan kendali majelis. Tetapi beberapa di partai khawatir bahwa serangan berulang Presiden Trump terhadap hasil kontes di negara bagian yang dimenangkan oleh Presiden terpilih Joe Biden, termasuk Georgia, akan mengurangi jumlah pemilih GOP.

Senator Republik David Perdue mencalonkan diri untuk pemilihan kembali melawan penantang Demokrat Jon Ossoff di salah satu kontes. Di sisi lain, Senator Republik yang ditunjuk Kelly Loeffler dan Demokrat Raphael Warnock bersaing untuk menyelesaikan masa jabatan Senator Johnny Isakson yang sudah pensiun.

Juru bicara Trump Tim Murtaugh menolak berkomentar. Perwakilan Save the U.S. Senate PAC tidak menanggapi permintaan komentar.

Tetapi mereka turun sekitar $ 80.000 untuk iklan radio di negara bagian itu minggu ini, dengan $ 80.000 waktu tayang lainnya dicadangkan minggu depan, menurut data dari perusahaan pelacakan iklan Kantar / CMAG.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...