Anak Anjing Serigala Berusia 57.000 Tahun Ditemukan Mumi Dalam Es Dengan Segalanya Yang Utuh Tapi Mata

Rabu, 23 Desember 2020 | 09:21 WIB
Foto : Indiatimes Foto : Indiatimes

RIAU24.COM -  Seorang penambang emas di Kanada telah menemukan apa yang disebut sebagai mumi serigala yang diawetkan paling sempurna yang pernah ditemukan.

Dinamakan Zhur oleh penduduk Tr'ondëk Hwëch'in setempat, anjing serigala yang baru ditemukan ini diyakini telah terkunci di lapisan es selama 57.000 tahun.

Diterbitkan di jurnal Current Biology, temuan dari mumi serigala telah mengungkap beberapa wawasan tentang usia serigala, gaya hidup, dan hubungannya dengan serigala modern. "Dia adalah mumi serigala paling lengkap yang pernah ditemukan. Dia pada dasarnya 100% utuh - yang hilang hanyalah matanya," kata penulis pertama Julie Meachen, seorang profesor anatomi di Des Moines University, sesuai laporan Science Daily.

Baca Juga: 20 Nama Perusahaan yang Sumbang Sampah Plastik Terbanyak di Dunia, Cemari Lautan dan Krisis Iklim

"Fakta bahwa dia begitu lengkap memungkinkan kami melakukan begitu banyak pertanyaan padanya untuk membangun kembali hidupnya," tambah Meachen.

Melihat cagar alam tersebut, para peneliti dapat menentukan kondisi kematian anak serigala. Mereka percaya bahwa untuk menjadi mumi dengan kesempurnaan seperti itu, hewan tersebut harus mati "di lokasi permafrost, di mana tanah membeku sepanjang waktu". Juga, ini berarti bahwa hewan itu terkubur dengan sangat cepat untuk dimumikan secara instan, mencegah pembusukan apa pun.

Oleh karena itu, para peneliti menyimpulkan bahwa anak serigala "ada di sarangnya dan mati seketika karena kolaps," menurut Meachen. "Data kami menunjukkan bahwa dia tidak kelaparan dan berusia sekitar 7 minggu ketika dia meninggal, jadi kami merasa lebih baik mengetahui bahwa gadis kecil yang malang itu tidak menderita terlalu lama."

Baca Juga: Ratusan Orang Berkumpul dan Mengamuk di Depan Kedutaan Israel di Kota-kota di Amerika

Pengurangan lain yang menarik dari fosil mumi adalah bahwa makanan anak serigala dipengaruhi oleh kedekatannya dengan air. "Biasanya ketika Anda memikirkan serigala di Zaman Es, Anda memikirkan mereka memakan bison atau musk oxen atau hewan besar lainnya di darat. Satu hal yang mengejutkan kami adalah dia memakan sumber daya air, terutama salmon," kata Meachen.

Anjing serigala mumi ditemukan oleh seorang penambang emas Kanada saat air meledak di dinding lumpur beku di Yukon. Dikonfirmasi sebagai keturunan serigala purba dari Rusia, Siberia, dan Alaska, Zhur sekarang akan dipajang di Pusat Penafsiran Yukon Beringia di Whitehorse.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...