Mahfud Md Beberkan 5 Jenderal Calon Kapolri yang Diajukan ke Jokowi, Berikut Nama-namanya

Sabtu, 09 Januari 2021 | 00:01 WIB
Menko Polhukam, Mahfud Md Menko Polhukam, Mahfud Md

RIAU24.COM - Ketua Kompolnas yang juga Menko Polhukam, Mahfud Md menyebutkan jika dirinya telah menyampaikan nama-nama calon Kapolri kepada Presiden Joko Widodo. Dikatakan Mahfud, semua calon Kapolri merupakan jenderal bintang 3.

Dilansir dari Detik.com, Jumat, 8 Januari 2021, Mahfud mengatakan nama-nama calon Kapolri tersebut selanjutnya akan dipilih Jokowi untuk diserahkan ke DPR. Hal itu disampaikan dia melalui akun Twitter-nya @mohmahfudmd.

"Mengonfirmasi berbagai berita: benar penjelasan Pak Benny Mamoto dan Pak Wahyudanto dari Kompolnas bahwa selaku Ketua Kompolnas saya sudah menyerahkan nama-nama calon Kapolri untuk dipilih oleh Presiden agar diajukan ke DPR. Yang diajukan semua jenderal bintang 3, tidak ada yang masih bintang 2," kicau Mahfud.

Baca Juga: TNI Kembali Berduka, Satu Prajurit Gugur Ditembak KKB di Intan Jaya

Dia pun merincikan lima nama jenderal bintang tiga yang menjadi kandidat Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis. Mereka adalah Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono hingga Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo.

"Ini 5 nama Komjen Pol yang diajukan kepada Presiden oleh Kompolnas untuk dipilih sebagai calon Kapolri: 1) Gatot Edy Pramono; 2) Boy Rafly Amar; 3) Listyo Sigit Prabowo; 4) Arief Sulistyanto; 5) Agus Andrianto. Kelima orang itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang," rinci Mahfud.

Baca Juga: Soal Banjir di Kalsel, Banyak yang Sebut Akibat Kerusakan Lingkungan, Tim Bareskrim Simpulkan Ini Penyebabnya

Surat rekomendasi nama-nama calon Kapolri itu diserahkan Mahfud kepada Jokowi pada Rabu 6 Januari 2022 lalu. Nama-nama calon Kapolri itu muncul setelah Kompolnas menggelar rapat pleno.

"Setelah rapat pleno, hasilnya diserahkan Ke Ketua (Kompolnas) dan selanjutnya Ketua yang menyampaikan ke Presiden," kata Ketua Harian Kompolnas, Benny Mamoto.

PenulisR24/ibl



Loading...
Loading...