Bersiaplah, Merkurius, Jupiter, dan Saturnus Akan Membentuk Segitiga Di Langit Akhir Pekan Ini

Sabtu, 09 Januari 2021 | 09:33 WIB
Foto : Indiatimes Foto : Indiatimes

RIAU24.COM -  Pada tanggal 21 Desember, Jupiter dan Saturnus berada pada titik terdekat yang mereka miliki selama 400 tahun terakhir. Oleh karena itu, ini membuat pertemuan besar mereka, pembentukan 'bintang Natal' adalah peristiwa langka dan yang orang-orang saksikan dengan luas. Sungguh spektakuler untuk sedikitnya dan gambar-gambar di internet tentang konjugasi yang hebat ini membuktikan hal itu.

Konjugasi menarik dan langka lainnya akan segera menguatkan langit pasca matahari terbenam akhir pekan ini.

Di langit malam pasca matahari terbenam, Jupiter (paling terang), Merkurius, dan Saturnus (paling redup) akan membentuk segitiga kecil pada hari Sabtu dan Minggu, 9 dan 10 Januari 2021. Menjanjikan pemandangan yang luar biasa, terutama pada hari Jumat dan Senin - 8 dan 11 Januari 2021 - menurut Forbes.

Baca Juga: Rekaman Mengejutkan Menunjukkan Pengemudi dan Penumpang Tesla Tidur Dengan Mobil Dengan Autopilot

Konjungsi akan terlihat tepat di atas ufuk barat-barat daya, jadi Anda harus berada di tempat pengamatan yang memungkinkan Anda melihat sangat rendah. Laut itu bermanfaat. Begitu juga dengan ketinggian, lantai ketiga atau lebih tinggi dari sebuah bangunan. Anda tidak perlu penghalang dan langit terbuka, tentu saja, yang tidak pernah dijamin.
Anda bisa mencoba mencari pemandangan ini sekitar 30 menit setelah matahari terbenam, begitu hari sudah gelap.

Dalam garis rendah di cakrawala, ketiga planet itu akan terentang dan mereka akan benar-benar tenggelam dari pandangan dalam waktu 90 menit setelah matahari terbenam. Jadi pergilah ke luar tempat Anda berada saat matahari terbenam dan lihat ke bawah ke cakrawala barat-barat daya. Anda selalu dapat menggunakan bantuan aplikasi pelacak bintang untuk memudahkan Anda mengenali planet-planet ini.

Pada akhir pekan, pertama, Jupiter akan terlihat, lalu di bawahnya, Merkurius. Akhirnya, Saturnus akan terlihat-10 kali lebih redup dari Jupiter. Teropong, terutama untuk Saturnus, akan sangat berguna, tetapi jika Anda memiliki pandangan yang jelas ke langit, Anda bahkan mungkin tidak membutuhkannya. 10 Januari mungkin akan menjadi hari terbaik untuk melihat "konjungsi rangkap tiga" sebagai segitiga.

Baca Juga: CEO Telegram: Peralihan Pengguna WhatsApp ke Telegram Adalah Migrasi Digital Terbesar Dalam Sejarah

Planet kecil, Merkurius akan muncul kira-kira berjarak sama antara Jupiter dan Saturnus membentuk segitiga yang hampir sempurna, dengan Merkurius bergeser sedikit lebih jauh dari Matahari.

Jadi tandai kalender dan setel alarm Anda, karena tepat setelah matahari terbenam Anda memiliki tanggal dengan langit!

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...