Fakta Tentang Stephen Hawking, Yang Mengubah Persepsi Kita Tentang Ruang & Waktu

Sabtu, 09 Januari 2021 | 11:08 WIB
Foto : Indiatimes Foto : Indiatimes

RIAU24.COM -   Pada 8 Januari, adalah ulang tahun ke-78 ilmuwan legendaris Stephen Hawking yang merupakan seorang fisikawan teoritis dan ahli kosmologi yang karyanya telah mengubah wajah sains selamanya. Profesor Hawking mungkin paling terkenal karena karyanya dengan lubang hitam, pertama kali diprediksi oleh teori relativitas umum Albert Einstein. Fisikawan yang hidup dengan penyakit neuron motorik selama 50 tahun hidupnya meninggal dunia pada usia 76 pada tanggal 14 Maret, hari yang bertepatan dengan ulang tahun fisikawan terkenal lainnya, Albert Einstein.

Berikut beberapa fakta yang tidak banyak diketahui tentang dirinya yang mencerminkan naik turunnya kehidupan menakjubkan yang dia jalani.

Stephen Hawking lahir pada peringatan kematian Galileo dan meninggal pada tanggal lahir Einstein. Ketika dia masih remaja, Stephen Hawking dan teman-temannya membuat komputer dari bagian-bagian jam tua, papan telepon, dan barang-barang daur ulang lainnya. Teman-temannya menjulukinya, 'Einstein'!

Baca Juga: Perjanjian Larang Senjata Nuklir Diberlakuan PBB, Israel Tolak Tanda Tangan

Sulit dipercaya, tetapi Stephen Hawking, orang yang mengubah pandangan kita tentang lubang hitam dan alam semesta pada umumnya, meski tidak mendapat nilai bagus di sekolah. Menurut beberapa laporan, ayah Hawking ingin dia belajar kedokteran tetapi dia selalu lebih condong ke Matematika.

Stephen masuk Oxford pada usia 17 tahun, dengan beasiswa penuh. Ia bergabung dengan tim dayung kampus tersebut karena awalnya ia merasa kesepian di sana. Dia berhenti setelah dia didiagnosis dengan penyakit Lou Gehrig yang langka ketika dia baru berusia 21 tahun.

Salah satu pencapaian terbesar Hawking adalah muncul dengan teori bahwa alam semesta tidak terbatas, dengan partner Jim Hartle pada tahun 1983.

Hawking dikenal karena kontribusi teoretisnya pada sains. Tetapi seperti ilmuwan mana pun, dia tidak selalu mendapatkan segalanya dengan benar pada kali pertama; dan dia memiliki reputasi untuk menempatkan dan kehilangan taruhan pada konsep ilmiah.

Baca Juga: Dipilih Joe Biden, Transgender Ini akan Menjadi Pejabat Tinggi Pertama di AS

'A Brief History of Time' muncul di daftar buku terlaris British Sunday Times selama 237 minggu yang memecahkan rekor. Selain banyak buku untuk orang dewasa, Hawking menulis beberapa buku anak-anak dengan putrinya, Lucy, yang menggabungkan sains dan petualangan.

Ilmuwan membawanya ke pesawat tanpa gravitasi hanya untuk mengangkatnya dari kursi roda dan membuatnya bahagia. Terlepas dari penemuannya yang luar biasa, dia tidak pernah dinominasikan untuk Hadiah Nobel.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...