Kondisi Presiden Jokowi Dipastikan Sehat, Ini Pihak yang akan Melakukan Suntikan Vaksin Hari Ini

Rabu, 13 Januari 2021 | 01:18 WIB
Presiden Jokowi yang akan disuntuk vaksin Covid-19 hari ini Rabu 13 Januari 2020. Foto: int Presiden Jokowi yang akan disuntuk vaksin Covid-19 hari ini Rabu 13 Januari 2020. Foto: int

RIAU24.COM -  Sesuai rencana, Presiden Jokowi akan menjadi orang yang pertama menjalani vaksinasi covid-19 di Tanah Air, yang akan dilaksanakan hari ini Rabu 13 Januari 2021. Pelaksanaan vaksinasi terhadap orang nomor satu di Indonesia tersebut juga akan disiarkan langsung secara virtual sekitar pukul 10.00 WIB. 

Sejauh ini, Istana Kepresidenan memastikan Presiden Jokowi dalam kondisi sehat. Sehingga diharapkan tidak ada kendala lagi dalam pelaksanaan nanti. 

"Semua yang divaksin cukup tidur, dan disarankan sarapan lebih dahulu," ungkap Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, Selasa 12 Januari 2021 tadi malam, dilansir viva. 

Baca Juga: Sengketa Pilkada Kabupaten Fakfak Resmi Diterima Mahkamah Konstitusi

Sementara itu, orang yang akan menyuntik Kepala Negara adalah dokter kepresidenan. Tepat sekitar pukul 10.00 WIB, Presiden Jokowi akan disuntikkan antibodi virus corona itu.

Sejauh ini, tidak ada lagi kendala untuk pelaksanaan vaksinasi tersebut. Sebab, izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 Sinovac buatan China tersebut, telah diterbitkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 11 Januari 2021. Dengan keluarnya izin tersebut, maka vaksin tersebut sudah boleh untuk digunakan.

Menurut Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito, dan konferensi pers secara virtual, data imunogenisitas dalam vaksin itu berhasil dengan baik, sehingga vaksin dinilai tergolong aman. Efikasi vaksin di Indonesia sebesar 65,23 persen.

Baca Juga: Banten Diguncang Gempa Berkekuatan 3,2 Magnitudo

Sementara itu, Majelis Ulama Indonesia juga telah memberikan izin keamanan vaksin ini. Dari penilaian lembaga itu, vaksin dari Tiongkok ini halal dan tidak mengandung zat-zat yang terkategori najis atau haram. ***

PenulisR24/wan



Loading...
Loading...