Facebook Tak Akan Buka Blokir Akun Donald Trump, Ini Alasannya

Rabu, 13 Januari 2021 | 09:50 WIB
Facebook Tak Akan Buka Blokir Akun Donald Trump, Ini Alasannya (foto/int) Facebook Tak Akan Buka Blokir Akun Donald Trump, Ini Alasannya (foto/int)

RIAU24.COM - Akun Facebook Donald Trump diblokir tanpa batas waktu. Hal itu terjadi setelah kerusuhan di gedung Capitol sejak Minggu lalu.

Baca Juga: Seram, Mogok di Tengah Jalan, Mobil Ini Dikelilingi Harimau, Ini yang Terjadi Selanjutnya

Dilansir dari Okezone, perusahaan milik Mark Elliot Zuckerberg itu tidak ada rencana mencabut pemblokiran akun Donald Trump. Hal tersebut diutarakan Kepala operasi Facebook Sheryl Sandberg ketika konferensi Reuters Next.

Sandberg menyebut dia senang Facebook telah membekukan akun Presiden Amerika Serikat (AS) Trump. Sandberg sebut jika Trump ingin mengajukan banding atas penghapusan kontennya, itu dapat dilaksanakan melalui Dewan Pengawas baru perusahaan.

Baca Juga: Sah Jadi Presiden, Biden langsung batalkan kebijakan Trump melalui Perintah Eksekutif

Tetapi Facebook menyebut Donald Trump tak dapat mengajukan banding atas penangguhan akunnya. “Ini menunjukkan Presiden tidak di atas kebijakan yang kami miliki,” sebut Sandberg, seperti dilansir Reuters.

Facebook turut melarang pemakaian frasa “hentikan pencurian, dengan alasan penggunaan istilah tersebut identik dengan konflik perebutan hasil pemilihan presiden AS. Apalagi ada kecenderungan untuk melakukan kekerasan hingga kemungkinan protes bersenjata.

Seorang peneliti dan posting-an publik, tetorika kekerasan di platform media sosial termasuk Facebook sudah naik dalam beberapa minggu. Itu berlangsung sebelum aksi unjuk rasa ketika kelompok-kelompok berencana secara terbuka untuk pertemuan tersebut.

Inilah yang memicu kritik pada Facebook karena gagal mengambil tindakan. Sandberg mengakui pihaknya melewatkan beberapa postingan itu. Tetapi Sandberg menduga acara tersebut sebagian besar diselenggarakan di platform lain.

PenulisR24/riki



Loading...
Loading...