Tebakan Amien Rais Tepat 100 Persen, Memang Sosok Ini yang Resmi Diajukan Jokowi Jadi Calon Tunggal Kapolri

Rabu, 13 Januari 2021 | 12:38 WIB
Komjen Listyo Sigit Prabowo yang diajukan Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Foto: int  Komjen Listyo Sigit Prabowo yang diajukan Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Foto: int

RIAU24.COM -  Presiden Jokowi sudah memutuskan Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun pada akhir Januari tahun ini. Sebelumnya, mantan Ketua MPR Amien Rais juga sempat memprediksi hal ini. Ternyata, tebakannya itu memang tepat 100 persen. 

Usulan nama Kapolri tersebut tertuang dalam Surat Presiden (Surpres) yang diserahkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno ke Pimpinan DPR RI, Rabu 13 Januari 2021. Kedatangan Pratikno ke DPR disambut Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. Selanjutnya, surpres itu langsung diserahkan kepada Ketua DPR RI, Puan Maharani.

"Hari ini surpres telah kami terima dari presiden yg mana presiden menyampaikan usulan pejabat mendatang tunggal yaitu Listyo," ungkap Puan, dilansir cnnindonesia. 

Baca Juga: Pemkab Siak-BPJS Ketenagakerjaan Teken Nota Kesepakatan Lanjutkan Kerjasama

Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan salah satu nama yang direkomendasikan Kompolnas dan merupakan calon tunggal Kapolri. Untuk proses selanjutnya, Komjen Listyo Sigit Prabowo akan diuji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi III DPR yang merupakan mitra kerja Polri. 

Usai menjalani fit and proper test, tahapan selanjutnya adalah pengesahan di paripurna DPR dan dilanjutkan pelantikan di Istana Negara.

Sebelumnya, mantan Ketua MPR yang juga pendiri Partai Ummat, Amien Rais, sudah memprediksi bahwa Jokowi akan mengajukan sosok Listyo. Menurutnya, sosok Listyo paling cocok dengan Presiden Jokowi.

Baca Juga: KPK Dalami Penerimaan Uang Untuk Pencalonan Bupati Banggai Laut

"Kalau saya tidak mendahului takdir, saya yakin yang akan dipilih Pak Jokowi itu Kabareskrim sekarang yaitu, Pak Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Kalau sampai tidak jadi, enggak apa-apa, saya malah senang," ungkapnya, di akun youtubenya Amien Rais official, Senin 4 Januari 2020 lalu.

Mengenai apa alasannya memprediksi sosok Listyo, Amien Rais mengatakan, Listyo punya kedekatan dengan Jokowi karena pernah menjaga kampung halaman Jokowi di Solo. Ketika itu, tepatnya tahun 2011 lalu, Listyo pernah menjabat sebagai Kapolres Surakarta.

"Ini adalah logika saya sebagai pengamat, bahwa ini yang paling nyaman, yang paling aman, paling cocok dengan Pak Jokowi. Kalau saya keliru, Alhamdulillah malahan, dan saya yakin ini yang dipilih," lontarnya ketika itu. ***

PenulisR24/wan



Loading...
Loading...