Para Arkeolog Menemukan Lukisan Binatang Tertua di Dunia, Diperkirakan Berumur Lebih Dari 45 Ribu Tahun

Kamis, 14 Januari 2021 | 14:37 WIB
Foto : VOI Foto : VOI
<p>RIAU24.COM -  Para arkeolog telah menemukan lukisan gua hewan tertua di dunia - babi hutan - yang diyakini dilukis 45.500 tahun lalu. Menggunakan pigmen oker merah tua, gambar babi di Sulawesi seukuran aslinya ini tampak seperti bagian dari sebuah adegan naratif.

Lukisan itu ditemukan di gua Leang Tedongnge di lembah terpencil di pulau Sulawesi. Ini memberikan bukti awal pemukiman manusia di wilayah tersebut.

Baca Juga: Perjanjian Larang Senjata Nuklir Diberlakuan PBB, Israel Tolak Tanda Tangan

"Orang-orang yang membuatnya benar-benar modern, mereka sama seperti kita, mereka memiliki semua kapasitas dan alat untuk melukis apa pun yang mereka suka," kata Maxime Aubert, salah satu penulis laporan yang diterbitkan di jurnal Science Advances. .

Seorang spesialis penanggalan, Aubert telah mengidentifikasi deposit kalsit yang terbentuk di atas lukisan itu, dan menggunakan penanggalan isotop seri Uranium untuk menentukan bahwa deposit tersebut berusia 45.500 tahun.

 “Tapi bisa jadi jauh lebih tua karena penanggalan,” tambahnya.

Laporan tersebut mengatakan bahwa lukisan, yang berukuran 136cm kali 54cm (53in kali 21in), menggambarkan babi dengan kutil wajah seperti tanduk yang merupakan ciri khas jantan dewasa dari spesies tersebut. Ada dua cetakan tangan di atas punggung babi, yang juga tampak berhadapan dengan dua babi lain yang hanya diawetkan sebagian.

Rekan penulis Adam Brumm mengatakan: "Babi itu tampaknya mengamati perkelahian atau interaksi sosial antara dua babi kutil lainnya."

Baca Juga: Dipilih Joe Biden, Transgender Ini akan Menjadi Pejabat Tinggi Pertama di AS

Untuk membuat cetakan tangan, para seniman harus meletakkan tangan mereka di atas permukaan sebelum meludahkan pigmen di atasnya, kata para peneliti. Tim berharap untuk mencoba dan mengekstrak sampel DNA dari sisa air liur juga. Lukisan itu mungkin seni tertua di dunia yang menggambarkan sebuah sosok, tapi ini bukan seni buatan manusia tertua.

Di Afrika Selatan, orat-oret seperti hashtag yang dibuat 73.000 tahun yang lalu diyakini sebagai gambar tertua yang diketahui.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...