RGE Founder’s Day, Bahu Membahu di Masa Pandemi

Kamis, 14 Januari 2021 | 14:18 WIB
Mill Operation Support Director, Mhd Ali Shabri memberikan bantuan paket sembako kepada warga Desa Sering, Pelalawan (foto/ist) Mill Operation Support Director, Mhd Ali Shabri memberikan bantuan paket sembako kepada warga Desa Sering, Pelalawan (foto/ist)

RIAU24.COM - PELALAWAN- Husein (78) termenung di depan rumahnya yang berdinding kayu berlantaikan tanah. Ia terlihat sedang memikirkan sesuatu. Sejak pandemi Covid-19, membuatnya tak bisa kemana-mana. Ia sehari-hari bekerja sebagai buruh sawit di dekat rumahnya di Desa Sering, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan. Sudah 10 bulan terakhir ini penghasilannya semakin tak menentu.

Baca Juga: PTPN V Tuan Rumah Tribute To Haidir Anwar Tanjung

Husein tampak sumringah, ketika beberapa perwakilan dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan PT Asia Pacific Rayon (APR) datang ke rumahnya membawa sejumlah paket bahan makanan pokok. Paket itu diterimanya dengan penuh suka cita. 

“Kami sangat bersyukur dan senang dengan bantuan sembako ini. Pandemi ini membuat kami kesulitan,” tutur Husein yang telah 40 tahun tinggal di Desa Sering.

Senada dengan Rusman (75) warga kelurahan Pelalawan yang juga merasakan manfaat dari bantuan bahan makanan pokok dari kegiatan RGE Founder’s Day 2020 ini. 

“Tentu kami bahagia, setidaknya bantuan ini mengurangi beban dapur yang memang saat ini mulai naik,” tuturnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Dorong Pelaku UMKM Bersaing Secara Global

Kepala Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui, Rossi mengapresiasi kontribusi perusahaan di masa sulit seperti ini. Kegiatan tersebut merupakan bentuk dari kolaborasi untuk meringankan beban ekonomi masyarakat.

“Kami menilai kegiatan tidak hanya sekedar seremonial, tetapi langsung berdampak positif kepada masyarakat. Kami harap semua pihak bisa dapat saling merangkul di masa yang sulit seperti saat ini,” tuturnya.

*Salurkan Bantuan ke Empat Kabupaten*

Mill Operation Support Director RAPP, Mhd Ali Shabri mengatakan tahun 2019 lalu semua karyawan merayakan Founder’s Day dengan menjadi sukarelawan dalam sehari untuk membantu masyarakat di sekitar daerah operasional perusahaan. Tahun ini, perusahaan mengubah konsep dengan lebih fokus menjangkau masyarakat yang membutuhkan.

Perayaan Founder’s Day 2020 ini membagikan paket sembako sebanyak 3.222 warga di empat Kabupaten, yakni Kabupaten Pelalawan, Kuantan Singingi, Kampar dan Siak. Paket kebutuhan pokok yang terdiri dari beras, minyak goreng, ikan kaleng dan gula tersebut langsung dibagikan kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19. Ke empat Kabupaten tersebut juga mendapatkan suplemen kesehatan dan vitamin yang disalurkan melalui Puskesmas Posyandu untuk ibu hamil dan balita.

Karyawan RAPP dan APR, kata Ali, juga bergotong royong bersama dalam merenovasi gedung SMPN 6 Pelalawan. Para relawan juga menyerahkan donasi buku dari karyawan dan keluarganya.

“Kami melakukan yang terbaik untuk meringankan beban masyarakat di tengah tekanan ekonomi akibat Covid-19,” ujarnya.

Karyawan yang terlibat dalam pendistribusian paket perawatan ke masyarakat menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk menjaga jarak fisik, memakai masker dan sarung tangan, serta mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

Dalam menjalankan bisnisnya, RAPP-APR dipandu oleh filosofi bisnis 5C dari Pendiri RGE, yaitu memberikan manfaat bagi Masyarakat (Community), Negara (Country), Iklim (Climate), Pelanggan (Customer) untuk dapat memberikan kebaikan kembali untuk Perusahaan (Company). 

PenulisR24/riki



Loading...
Loading...