Gempa Bumi Dahsyat Mengguncang Argentina dan Chili

Selasa, 19 Januari 2021 | 13:35 WIB
Foto : DW Foto : DW

RIAU24.COM -  Gempa bumi dahsyat melanda Argentina barat laut dekat perbatasan dengan Chili tengah sebelum tengah malam Senin, mengguncang orang di beberapa bagian dari kedua negara. Tidak ada laporan korban luka atau kerusakan serius, meskipun beberapa pemadaman listrik dilaporkan di daerah gempa.

Survei Geologi A.S. mengatakan getaran itu memiliki magnitudo awal 6,4. Pusat gempa berada di 27,6 kilometer (17 mil) barat daya kota Porcito di Argentina dan menghantam pada kedalaman 14 kilometer (hampir sembilan mil).

Baca Juga: Kisah Ibu yang Bunuh Keempat Anaknya, Para Ilmuwan Yakin Dia Tidak Bersalah dan Desak Agar Dibebaskan

Gempa itu diikuti oleh gempa susulan berkekuatan 5,0 sekitar seperempat jam kemudian dan kemudian setidaknya lima gempa susulan yang lebih kuat dalam satu jam berikutnya mulai dari skala 5,3 hingga 4,8, kata USGS.

Media Argentina mengatakan beberapa rumah dilaporkan rusak di bagian bawah Media Agua dan setidaknya satu jalan dikatakan telah terganggu, tetapi ada indikasi cedera. Listrik juga mati di beberapa tempat dan beberapa barang diguncang dari rak supermarket, laporan bantuan ..

Baca Juga: Ramadhan di China, di Tengah-tengah Polemik Uighur dan Islam, Jemaah Kian Menurun di Bawah Kebijakan Partai Komunis China

Orang-orang di zona gempa melaporkan ada kepanikan ketika gempa awal melanda dan mengatakan bahwa mereka menghabiskan waktu berjam-jam dengan cemas karena gempa susulan membawa guncangan baru.

Gerakan kuat terasa di ibu kota Chile, Santiago, yang berjarak sekitar 300 kilometer (186 mil) dari daerah yang dilanda gempa. Pejabat Chili mengatakan tidak ada kerusakan yang dilaporkan di negara itu.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...