Fenomena Alam Langka Akan Berlangsung Besok, Ini yang akan Terjadi di Ka'bah Masjidil Haram

Kamis, 28 Januari 2021 | 11:37 WIB
Masjidil Haram di waktu malam Masjidil Haram di waktu malam

RIAU24.COM -  JAKARTA - Banyak fenomena alam semesta yang bikin kita berdecak kagum. Sejumlah fenomena alam semesta dapat kita saksikan beberapa kali dalam setahun. Tapi ada pula yang sangat jarang terjadi dan mungkin tak pernah disaksikan oleh beberapa umat manusia.

Salah satu fenomena antariksa yang teĊ•golong langka adalah Malam Tanpa Bayangan Bulan (MTBB) yang diprediksi akan terjadi besok, Jumat (29/1/2021).

Baca Juga: Trauma dan Kemarahan Wanita Tigray Saat Menceritakan Kejahatan Pasukan Eritrea, Diperkosa Oleh Belasan Pria Selama Berjam-Jam

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan, MTBB terjadi ketika Bulan memasuki fase purnama. Saat itu, posisi Bulan berada tepat di atas zenit atau tepat di atas kepala kita, sehingga seolah-olah tak membentuk bayangan. 

Seperti dikutip dari laman Okezone, MTBB dapat diketahui apabila nilai deklinasi Bulan sama dengan lintang geografis pengamat, sebagaimana ketika Hari Tanpa Bayangan Matahari (HTBM). 

Menariknya, fenomena MTBB bisa digunakan untuk meluruskan arah kiblat bagi umat Muslim, di belahan dunia yang mengalami malam hari selama Bulan belum terbenam. 

Hal ini bisa terjadi karena ketika Bulan terletak tepat di atas Ka'bah - kiblat umat Muslim di seluruh dunia, posisi Bulan akan mengarah ke Ka'bah bagi pengamat di luar Ka'bah.

Baca Juga: Update : WHO Sebut Infeksi COVID-19 Global Kembali Bangkit Untuk Pertama Kalinya Dalam 7 Minggu

Di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, fenomena ini akan terjadi besok pada pukul 00.43.33 Waktu Saudi atau 04.43.33 WIB. MTBB akan terjadi selama 147 menit setelah fase puncak pertama yang terjadi pada pukul 22.16.10 Waktu Saudi. 

Fenomena MTBB di atas Ka'bah sebelumnya pernah terjadi pada 10 November 1916 dan 29 Desember 1974. Sedangkan fenomena serupa selanjutnya diprediksi akan terjadi pada 21 Januari 2038 dan 21 Januari 2057.***

PenulisR24/saut



Loading...
Loading...