Ilmuwan Asal India Menemukan Perangkat Anti-Mendengkur, Bekerja Dengan Cara Mengejutkan Lidah

Selasa, 16 Februari 2021 | 16:15 WIB
Foto : Indiatimes Foto : Indiatimes

RIAU24.COM -  Ilmuwan telah menemukan solusi untuk mendengkur, dengan menyetrum sinyal listrik di lidah orang yang mendengkur.

Ini dimungkinkan melalui perangkat eXciteOSA. Anda mungkin bertanya-tanya seperti apa sengatan listriknya, tetapi kenyataannya, ini tidak seperti menyetrum pemakainya. Sebaliknya, ia mengirimkan sinyal listrik yang merangsang otot-otot di mulut dan lidah.

Baca Juga: Xiaomi Tanggapi Soal Keluhan Layar Redmi Note 10 Dilaporkan Bermasalah, Begini Katanya

Nah, mendengkur terjadi ketika struktur tenggorokan bergetar saat relaksasi (yang terjadi saat tidur), menghalangi jalan masuk dan membentuk suara keras seperti bor yang kita semua takuti.

Perangkat eXciteOSA, bagaimanapun, mencoba memperkuat otot lidah yang memungkinkan saluran pernapasan yang lebih baik. Dikembangkan oleh Signifier Medical Technologies, perangkat ini juga membantu dalam membantu orang yang menderita sleep apnea ringan.

Dilansir dari IndiaTimes, CEO & Co-Founder Signifier Medical Technologies, Akhil Tripathi, “Kami sangat senang dapat meluncurkan terapi siang hari yang pertama untuk pengobatan apnea tidur obstruktif dan dengkuran primer. Perangkat pintar kami yang telah dipatenkan, eXciteOSA, tidak hanya menangani akar penyebab masalahnya, tetapi juga tidak memerlukan perangkat yang dapat dikenakan di malam hari untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Perangkat ini mirip dengan pelindung mulut pada tongkat. Perangkat ini memiliki empat titik kontak yang ada di lidah. Ini pada dasarnya adalah elektroda yang memungkinkan rangsangan lidah - bagian atas dan bawahnya. Elektroda perangkat mengirimkan pulsa listrik selama beberapa detik kemudian berhenti selama beberapa detik dan kemudian mulai sekali lagi - menyelesaikan siklusnya. Perangkat berpasangan dengan ponsel Anda menggunakan Bluetooth.

Baca Juga: NASA Berbagi Foto Awan Mars yang Diambil Oleh Curiosity Rover, Netizen : Mirip Awan di Bumi

Pencipta merekomendasikan orang untuk menggunakan eXciteOSA selama 20 menit setiap hari selama enam minggu pertama dan kemudian seminggu sekali setelah itu.

Dalam uji coba, perangkat telah menemukan bahwa menggunakan eXciteOSA telah mengurangi dengkuran pada tingkat yang lebih keras dari 40 desibel hingga lebih dari 20 persen pada 87 hingga 115 orang. Untuk apnea tidur obstruktif ringan, percobaan menunjukkan pengurangan 48 persen dalam jumlah periode pernapasan dangkal per jam - dari 10,2 menjadi 5,3 pada 41 dari 48 pasien.

eXciteOSA telah disetujui untuk dipasarkan kepada orang dewasa Amerika sebagai perangkat khusus resep awal bulan ini oleh Pusat Perangkat dan Kesehatan Radiologi Administrasi Makanan dan Obat (FDA) AS.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...