Setelah Muncul Tagar Shopee Bikin Malu, Kini Muncul Tagar Shopee Bunuh UMKM, Ada Apa?

Kamis, 18 Februari 2021 | 15:25 WIB
google google

RIAU24.COM -  Salah satu e-commerce di Indonesia kini ramai diperbincangkan sejumlah warganet. Pada 8 Februari lalu Shopee berhasil menjadi trending topik di Twitter dengan tagar #Shopeebikinmalu.

Terhitung pukul 19.49 WIB, sudah ada sebanyak 8.435 cuitan dengan tagar tersebut.

Menurut pantauan Techbiz, sejumlah warganet yang meramaikan tagar tersebut mengungkapkan kekesalan mereka atas Shopee. Platform e-commerce itu diduga telah melanggar hak cipta lagu milik salah satu musisi asal Korea Selatan, Oh My Girl yang berjudul Dolphin.

Baca Juga: BSI Pekanbaru Adakan Promosi Khusus Untuk Pengguna QRIS

Semenjak Rabu (17/2/2021), Shopee kembali jadi perbincangan warganet Twitter dengan tagar #ShopeeBunuhUMKM.

Menurut pantauan Getdaytrends, tagar ini ramai sejak Rabu dengan volume twit masih di bawah 10.000.

Usut punya usut, tagar itu bermula dari percakapan sejumlah pengguna Twitter yang membahas tentang seller atau penjual di Shopee yang bernama Mr. Hu.

Beberapa foto detail pengiriman barang dari China di Shopee yang dibagikan oleh warganet menunjukkan bahwa nama Mr. Hu selalu tercantum sebagai pengirim.

Akibat isu ini, warganet mulai membagikan cuitan tentang harga produk China lebih murah dari Produk lokal.

“Dishopee, kdg bingung produk dr China harganya lebih murah, ongkir lebih murah juga. Harusnya shopee persulit pedagang asing jualan di indo donk. Supaya produk lokal ttp stabil. Ini sih dijajah asing scr ga langsung. #ShopeeBunuhUMKM,” ungkap @soniheey2

Baca Juga: Harga Emas Batang Antam Turun, Harga Mulai Dari Rp 500 Ribuan

“Impor dari China trus jualan di Shopee. Problemnya seller China juga jualan barang yg sama di Shopee. Yaa kalah harga lah kita. Apalagi dari China ke indo Cuma semingguan sampai ya buyer pasti belanja di seller China, sudah murah cepat juga. Untung ada Tokopedia,” ungkap @ansharas

Akhirnya, seorang warganet membongkar siapa Mr Hu. Ternyata ia bukan orang sembarangan.

Menurutnya, Mr Hu adalah President China Merchants Group Ltc. Nama lengkapnya yakni Hu Jinahua.

Hu Juanhua menjabat sebagai President China Merchants Group setelah sebelumnya menjabat sebagai Vice Chairman. Ia ternyata juga anggota direksi dari China Merchants Port Holding.

PenulisR24/riz



Loading...
Loading...