Bengkalis Status Siaga Karhutla, Seluruh Jajaran Tim Gabungan TNI Patroli Bersama

Minggu, 21 Februari 2021 | 14:33 WIB
Pangdam I BB saat didampingi Dandim 0303 Bengkalis Pangdam I BB saat didampingi Dandim 0303 Bengkalis

RIAU24.COM - BENGKALIS - Setelah status siaga darurat Karhutla di Kabupaten Bengkalis Kodim 0303/Bengkalis menyiapkan personil untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla. Seluruh jajaran personil Kodim hingga tingkat Koramil saat ini dalam keadaan siaga dan terus melakukan patroli di wilayah masing masing wilayahnya.

Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Lizardo Gumay mwngatakan patroli tidak hanya dilakukan personil Koramil saja tetapi juga personil Polisi dan tim gabungan lainnya.

"Selain patroli dilakukan, personil Makodim juga kita siapkan untuk membackup melakukan pemadaman jika terjadi Karhutla saat Koramil membutuhkan bantuan personil,"ujar Letkol Inf Lizardo Gumay, Minggu 21 Februari 2021.

Baca Juga: Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah 818 Orang Napi Dapatkan Remisi Dua Langsung Bebas

Selain itu Korem 031/Wirabima sebagai Komamdo atasan juga siap memberikan bantuan kepada jajaran Kodim Bengkalis untuk penanganan Karhutla. Satu diantaranya akan dibantu oleh Korem terkait kebutuhan anggota di lapangan untuk melakukan patroli.

"Kemarin sudah kita sampaikan kebutuhan motor trail untuk melakukan patroli mengingat medan yang di lewat tidak bisa menggunakan motor biasa milik personil. Korem akan membantu untuk ketersedian kendaraan ini,"ungkapnya.

Personil juga sudah disiapkan oleh Korem nantinya jika terjadi Karhutla yang butuh personil lebih besar di luar kemampuan Kodim Bengkalis.

"Jika ada kebutuhan personil nantinya kita laporkan ke Korem. Kemudian mereka siap menurunkan anggota untuk memberikan bantuan,"ujar Lizardo Gumay lagi.

Baca Juga: Walau Pawai Takbir Ditiadakan, Polisi Tetap Jaga Persimpangan Jalan Areal Kota Bengkalis

Sejauh ini patroli dilakukan anggota Kodim Bengkalis hingga kemarin petang belum ada temuan titik api baru. Beberapa hari lalu sempat ada namun berhasil dipadamkan oleh personil gabungan dilapangan.

Satgas Karhutla Bengkalis yang ada juga sudah membuat grup siaga Karhutla Bengkalis. Dalam grup ini berisikan seluruh petinggi stake holder terkait penangan Karhutla Bengkalis. 

"Grup ini menerima seluruh laporan kebutuhan dan kegiatan penanganan Karhutla Bengkalis. Jadi semua termonitor oleh kita bersama bila ada kebutuhan atau kekurangan di lapangan dalam penanganan Karhutla bisa diambil kebijakan cepat,"pungkasnya.

 

PenulisR24/hari


Loading...

Terpopuler

Loading...