Banjir Jakarta, Sejumlah Pengungsi Positif Covid-19

Senin, 22 Februari 2021 | 10:23 WIB
google google

RIAU24.COM -  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut sejumlah pengungsi banjir terkonfirmasi positif covid-19 setelah menjalani pemeriksaan swab antigen. Anies mengatakan tim medis telah menempatkan pengungsi tersebut di tenda isolasi.

"Ada beberapa lokasi memang ditemukan warga ketika dites antigen hasilnya positif lalu mereka ditempatkan di tenda isolasi," ujar Anies di Pintu Air Manggarai, dilansir dalam CNN Indonesia Minggu (21/2).

Anies menuturkan pihaknya juga telah melakukan pengetesan lebih lanjut kepada pengungsi banjir yang dinyatakan positif tersebut. Dia berkata pengungsi tersebut akan dipindahkan ke tempat isolasi khusus atau dirujuk ke rumah sakit bila dibutuhkan.

Baca Juga: Anies Baswedan Pamer Bus Listrik Transjakarta, Warganet: Cobain Produk Esemka Dong

Akibat banjir yang melanda sejumlah daerah di Jakarta membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta berencana memisahkan tenda pengungsian umum, tenda kelompok rentan seperti ibu hamil dan lansia, serta tenda suspek COVID-19. Kebijakan itu bagian dari penerapan protokol kesehatan yang diberlakukan Pemprov DKI untuk menghindari adanya klaster COVID-19 baru, yakni posko banjir.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, hingga Minggu pukul 15.00, terdapat 15 RW terdiri atas 29 RT yang masih terdampak banjir, dari total 30.470 RT yang ada di Jakarta atau 0,095 persen.

Baca Juga: Ditanyakan Soal Reaksi Anak-Anaknya Terhadap Perceraiannya dan Niko Al Hakim, Rachel Vennya Beri Penjelasan

Angka tersebut menurun jika dibandingkan pada Sabtu (20/2/2021), wilayah terdampak banjir sempat mencapai 113 RW yang terdiri atas 342 RT.

Sementara jumlah pengungsi saat ini sebanyak 1.332 jiwa dari 384 KK, semuanya dari wilayah Jakarta Timur. Angka tersebut juga telah menurun dari hari sebelumnya yang mencapai 3.311 jiwa pengungsi, tersebar di 44 lokasi pengungsian.

PenulisR24/riz



Loading...
Loading...