Kerusuhan di Penjara Ekuador, 62 Orang Tewas dan Puluhan Lainnya Luka-luka

Rabu, 24 Februari 2021 | 10:43 WIB
Foto : Gatra.com Foto : Gatra.com
<p>RIAU24.COM - Sedikitnya 62 orang tewas dan belasan lainnya terluka dalam tiga kerusuhan terpisah di penjara Ekuador, kata pihak berwenang pada hari Selasa. Para pejabat menyalahkan kerusuhan di fasilitas penahanan di kota Guayaquil, Cuenca dan Latacunga atas perselisihan akibat persaingan para geng.

Media lokal melaporkan para tahanan tewas dalam serangan senjata dan pisau. “Ini adalah dua kelompok yang bersaing untuk mendapatkan kepemimpinan kriminal di pusat-pusat penahanan,” kata Edmundo Moncayo, direktur badan penjara Ekuador.

Moncayo mengatakan setidaknya 62 kematian telah dilaporkan sejauh ini. Pihak berwenang telah mampu "untuk mengontrol dan memulihkan ketertiban di dalam pusat-pusat penahanan" dengan bantuan 800 petugas polisi tambahan, tambahnya.

Baca Juga: Dituduh Lakukan Perundungan, Karir Ji Soo Diramalkan Akan Hancur


Sebelumnya pada hari Selasa, Komandan Jenderal Polisi Patricio Carrillo mengatakan di Twitter kerusuhan tersebut melibatkan tahanan keamanan tinggi. "Semua penjara saat ini memiliki batasan dan kontrol," tulis Carrillo.

Kerusuhan dilaporkan meletus pada Senin malam setelah tahanan menyandera sipir penjara. Media lokal melaporkan bahwa beberapa ambulans terlihat meninggalkan penjara.  Saat berita kerusuhan dipublikasikan, puluhan kerabat narapidana berkumpul di luar fasilitas untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang apa yang terjadi, kata media lokal.

Gambar dan video yang beredar di media sosial menunjukkan narapidana berkumpul di atap penjara bersama petugas polisi dengan sepeda motor dan di mobil patroli yang mengelilingi gedung. Presiden Ekuador Lenin Moreno tweeted bahwa geng telah melakukan "tindakan kekerasan secara bersamaan di beberapa penjara di negara itu".

Baca Juga: Ahli Bedah Plastik Sebut Wanita Inilah yang Memiliki Wajah Paling Sempurna di Dunia

Dia mengatakan polisi, berkoordinasi dengan Menteri Pemerintah Patricio Pazmino Castillo, sedang bekerja untuk mendapatkan kembali kendali atas penjara. Pemerintah mengatakan beberapa petugas polisi terluka, tanpa memberikan rincian lebih lanjut. Petugas penjara berhasil mengungsi selama kerusuhan. Kerusuhan di penjara dan perselisihan antar geng yang bersaing sering terjadi di Ekuador. Lima narapidana tewas dalam perkelahian di sebuah penjara di Latacunga pada bulan Desember.

PenulisR24/dev



Loading...
Loading...