Tanaman Termahal di Dunia Berhasil Dibudidayakan di India, Harga Perkilogramnya Setara Dengan Satu Unit Motor

Sabtu, 03 April 2021 | 09:42 WIB
Foto : Indiatimes Foto : Indiatimes

RIAU24.COM -  Komunitas petani meningkat dengan bantuan teknologi modern dan India mengambil risiko dalam meningkatkan produktivitas dan juga mengadopsi metode pertanian baru. Berkat peralatan modern, petani India sekarang dapat menghasilkan tanaman yang lebih baik dan juga menanam tanaman baru yang memiliki nilai medis dan pasar yang signifikan.

Seorang petani dari distrik Aurangabad di Bihar telah melakukan hal yang sama untuk menghasilkan tanaman.

Amresh Singh adalah seorang petani berusia 38 tahun yang berasal dari desa Karamdih. Dia telah menanam tanaman termahal di dunia di lahan pertaniannya di Bihar's Aurangabad. Dia menginvestasikan Rs 2,5 lakh dalam proses produksi, menurut laporan New Indian Express.

Tanaman itu diberi nama hop-shoots. Ini adalah tanaman yang tersedia di pasar sayuran internasional dan dijual seharga Rs 85.000 per kilogram.

Baca Juga: Dalam Upaya Meningkatkan Tingkat Perlindungan, China Mempertimbangkan Untuk Mencampur Vaksin COVID-19



Meskipun Amresh Singh menanam di 5 kathas dari tanahnya dan sampai saat ini, itu hanya dilakukan sebagai percobaan. Hasil panen sebagian besar tersedia di pasar internasional dan terlihat di pasar India hanya ketika seseorang memesan secara khusus.

Sayuran tersebut dilaporkan dijual seharga £ 1000 (Rs 1.01 lakh) pound per kg di pasar internasional.

Baca Juga: Rencana China Untuk Membuat Bendungan Super Himalaya Memicu Ketakutan di India

Menurut laporan, hop-shoot membantu menciptakan antibodi yang membantu melawan penyakit seperti tuberkulosis. Asamnya diketahui membantu membunuh sel kanker dan memblokir sel leukemia. Singh bukanlah orang pertama yang menanam tanaman di India.

Hop-shoots pernah ditanam di Himachal Pradesh's Lahaul tetapi tidak berhasil karena kurangnya pemasaran.

Petugas IAS Surpiya Sahu membagikan foto-foto tanaman tersebut di Twitter.

Dia tweeted dengan tulisan, "Satu kilogram sayuran ini harganya sekitar Rs 1 lakh! Sayuran termahal di dunia, 'hop-shoots' sedang dibudidayakan oleh Amresh Singh, seorang petani giat dari Bihar, yang pertama di India."

Singh mengatakan bahwa lebih dari 60% budidaya tanaman telah berhasil dilakukan.


"Saya senang untuk mengatakan bahwa lebih dari 60 persen penanamannya telah berhasil," kata Singh seperti dikutip oleh New Indian Express.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...