Sebabkan Kemacetan Terusan Suez Hingga ke Indonesia, Kapten Cantik Asal Mesir Ini Dikejar Oleh Netizen

Senin, 05 April 2021 | 11:19 WIB
Foto : Kompas.com Foto : Kompas.com
<p>RIAU24.COM -  Kapten kapal wanita pertama Mesir mengatakan dia disalahkan atas bencana Terusan Suez - yang terjadi saat dia berada di kapal berbeda yang jaraknya ratusan mil.

Marwa Elselehdar, 29, berada di laut sebagai rekan pertama komando Aida IV di Alexandria ketika kapal kontainer besar Ever Given secara tidak sengaja terjebak di jalur air, BBC melaporkan.

Tetapi rumor online dan berita palsu menyebar bahwa dia berada di balik bencana maritim, yang menahan rute pengiriman utama selama hampir seminggu sebelum Ever Given berhasil dibebaskan.

"Saya terkejut. Saya merasa bahwa saya mungkin menjadi sasaran mungkin karena saya wanita yang sukses di bidang ini atau karena saya orang Mesir, tetapi saya tidak yakin," katanya.

Baca Juga: Kim Jong Un Eksekusi Menteri Universitas Karena Banyak Ngeluh dan Kurang Adakan Kelas Lewat Panggilan Zoom

Hingga saat ini siapa kapten Ever Given belum terungkap, tetapi pejabat Mesir mengatakan bahwa kesalahan manusia mungkin menyebabkan kapal kandas bulan lalu.

Elselehdar - yang tidak bekerja untuk perusahaan perkapalan - mengatakan rumor tentang keterlibatannya tampaknya didorong oleh tangkapan layar dari tajuk berita Arab News yang direkayasa.

"Artikel palsu ini berbahasa Inggris, jadi tersebar di negara lain," kata Elselehdar kepada BBC. "Saya berusaha keras untuk menyangkal apa yang ada di artikel itu karena itu mempengaruhi reputasi saya dan semua upaya yang saya lakukan untuk menjadi saya sekarang."

zxc3

Cerita palsu itu membuat netizen mengejarnya juga.

"Komentar di artikel itu sangat negatif dan kasar, tapi ada begitu banyak komentar suportif lainnya dari orang biasa dan orang yang bekerja dengan saya," katanya.

"Pesan saya kepada para wanita yang ingin berkecimpung di bidang maritim adalah memperjuangkan apa yang Anda sukai dan tidak membiarkan hal negatif memengaruhi Anda," katanya.

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...