Penjara Ini Diserang Kelompok Bersenjata, 1.884 Napi Berhasil Kabur

Selasa, 06 April 2021 | 09:05 WIB
Kelompok bersenjata menyerang penjara di Nigeria, 1.000 lebih napi kabur (Foto: BBC) Kelompok bersenjata menyerang penjara di Nigeria, 1.000 lebih napi kabur (Foto: BBC)

RIAU24.COM -  Sebuah penjara di kota Owerri, Nigeria diserang kelompok bersenjata, Senin (5/4/2021) dini hari. Para pelaku tiba menggunakan beberapa truk dan bus memasuki penjara dengan meledakkan blok administrasi penjara.  Akibat aksi ini Sebanyak 1.844 narapidana (napi) melarikan diri.

Juru bicara kepolisian setempat mengatakan, para pelaku membawa senapan mesin, bahan peledak, hingga rocket propelled granade (RPG).

Baca Juga: Dalam Upaya Meningkatkan Tingkat Perlindungan, China Mempertimbangkan Untuk Mencampur Vaksin COVID-19

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari menyebut serangan itu sebagai aksi terorisme. Dia memerintahkan pasukan keamanan segera menangkap para pelaku serta napi yang melarikan diri. 

Enam napi dilaporkan telah kembali ke penjara usai kabur, sementara ada 35 yang menolak ikut kabur.

Melansir BBC, Selasa (6/4/2021), Kepolisian Kota Owerri menuduh kelompok separatis Masyarakat Pribumi Biafra sebagai pelaku serangan. Namun, kelompok itu membantah tuduhan terlibat.

Seorang juru bicara Masyarakat Pribumi Biafra mengatakan tuduhan di balik serangan tersebut tidak benar.

Baca Juga: Dalam Upaya Meningkatkan Tingkat Perlindungan, China Mempertimbangkan Untuk Mencampur Vaksin COVID-19

Diketahui, Kota Owerri di Negara Bagian Imo telah lama menjadi tempat kelompok separatis. Hal itu diperparah dengan ketegangan hubungan antara pemerintah pusat dan penduduk asli setempat. 

Sebelumnya dilaporkan, sejak Januari 2021 beberapa kantor polisi di Nigeria diserang dan sejumlah besar amunisi dicuri. Hingga kini tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab.***

PenulisR24/saut


Loading...
Loading...