Meski Disetujui Dorna, MotoGP Mandalika Tetap Batal Digelar Tahun Ini, Tak Disangka Ternyata Ini Sebabnya

Sabtu, 10 April 2021 | 00:53 WIB
Gubernur NTB Zulkieflimansyah bersama pihak Dorna Sports saat meninjau Sirkuit Mandalika. Foto: istimwa/int Gubernur NTB Zulkieflimansyah bersama pihak Dorna Sports saat meninjau Sirkuit Mandalika. Foto: istimwa/int

RIAU24.COM -  Meski sudah digadang-gadang dan dipersiapkan dengan maksimal, ajang balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) dipastikan batal dilaksanakan pada Oktober 2021 tahun ini. Padahal, Dorna selaku pihak yang penyelenggara kegiatan itu sangat yakin sirkuit baru itu bisa digunakan untuk ajang pacu motor itu. Lalu, apa pasal? 

Ternyata, yang meminta pembatalan balapan itu pada tahun ini, datang dari Pemerintah Provinsi NTB sendiri. Sebagai gantinya, ajang itu akan digelar pada Maret 2022 mendatang. 

Hal itu tak ditampik Gubernur NTB, Zulkieflimansyah. Menurutnya, langkah itu diambil untuk memastikan banyak masyarakat yang sudah divaksin. Sementara untuk saat ini, pandemi Covid-19 dinilai masih belum aman. Pemprov NTB sendiri belum yakin pada Oktober 2021 pandemi Covid-19 sudah ditangani dengan maksimal. 

"Dorna puas dengan kondisi sirkuit Mandalika bahkan sangat yakin perlombaan bisa dilaksanakan Oktober 2021 ini. Tapi kita yang agak berat dan memutuskan sebaiknya Maret 2022 saja," kata Zulkiflimansyah dikutip dari Facebook resminya, Jumat 9 April 2021.

Baca Juga: Tebak-Tebakan Setelah Marc Marquez Pensiun dari Repsol Honda, Siapa Penggantinya?

Dilansir viva, Gubernur Zulkieflimansyah mengatakan, NTB akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengendalikan pandemi, sehingga MotoGP 2022 dapat terlaksana dengan sukses.

"Dengan pandemi yang belum sepenuhnya bisa kita kendalikan rasanya nggak puas menyaksikan MotoGP tapi tak dihadiri penonton," ujarnya lagi

Bila diselenggarakan tahun ini, pihaknya khawatir penonton belum bisa membludak. Sebab, selain karena protokol kesehatan yang ketat, juga kareaa international border di berbagai negara belum sepenuhnya dibuka.

"Jadi mending kita tunda sebentar ke bulan Maret 2022 dengan harapan vaksinasi lancar dan Covid-19 sudah terkendali dan lingkungan sekitar kita juga lebih hijau dan asri di bulan Maret ketimbang gersang tandus di bulan Oktober," ungkapnya.

Baca Juga: Kisah Pemain Bola Liga Inggris Yang Tetap Puasa Saat Bertanding; Allah Membantu Kami

Meski demikian, pada 14 November 2021 mendatang Sirkuit Mandalika tetap akan menggelar balapan Superbike dan World Moto Cross 2021. Hal ini sebagai upaya untuk memuaskan dahaga para pencinta MotoGP. 

Sebab menurutnya, dua ajang balapan itu juga tak kalah bergengsinya dibanding MotoGP. *** 
 

PenulisR24/wan


Loading...

Terpopuler

Loading...