Begini Cara Generasi Muda Singapura Membangun Pendapatan Pasif Terbaik di Masa Depan, Wajib Dicoba Nih...

Selasa, 13 April 2021 | 09:51 WIB
Foto : Asiaone Foto : Asiaone
<p>RIAU24.COM -  Pendapatan pasif sebesar USD 5.000 per bulan adalah impian bagi banyak orang Singapura. Inilah cara Anda membangun portofolio pendapatan pasif Anda sendiri hari ini, sehingga Anda dapat duduk dan bersantai di tahun-tahun mendatang.

Penghasilan pasif adalah penghasilan yang Anda peroleh dari hampir tidak melakukan apa-apa - oleh karena itu istilah pasif. Namun, penghasilan pasif tidak hanya jatuh ke pangkuan Anda. Anda harus menggerakkan roda terlebih dahulu, untuk menikmati hasil kerja Anda di tahun-tahun mendatang.

Tapi pertama-tama, mengapa orang menginginkan (atau membutuhkan) portofolio pendapatan pasif?

Dengan penghasilan pasif, Anda tidak lagi mengandalkan pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan. Anda bekerja bukan karena Anda membutuhkan uang untuk bertahan hidup, tetapi karena Anda ingin. Ini juga memberi Anda pilihan untuk pensiun dini. Namun, memiliki penghasilan pasif beberapa ratus dolar tidaklah cukup. Di sini, tujuannya adalah memiliki passive income yang cukup sehingga bisa menutupi pengeluaran bulanan Anda sepenuhnya.

Inilah cara Anda dapat mengembangkan portofolio pendapatan pasif Anda di Singapura.

Baca Juga: Hari Ini Harga Emas Antam Dijual Rp Rp 933.000/gram

1. Dapatkan pendapatan sewa melalui kepemilikan properti
Salah satu cara mudah untuk mendapatkan penghasilan pasif adalah dengan menyewakan rumah Anda (atau kamar di rumah Anda). Jumlah yang Anda kantongi dalam pendapatan sewa akan tergantung pada permintaan saat ini di pasar properti, serta faktor-faktor seperti jenis properti, kondisi rumah, lokasi, dan lainnya.

Ingatlah bahwa pendapatan sewa tidak langsung menghasilkan keuntungan. Anda harus memperhitungkan pembayaran pinjaman rumah Anda serta biaya materai dan renovasi atau perbaikan rumah. Dalam jangka panjang, keuntungan Anda akan bertambah setelah pendapatan sewa mengkompensasi semua biaya yang timbul.

Untuk menjadi ahli dalam berinvestasi di properti, lihat panduan kami untuk berinvestasi properti di sini.

2. Pendapatan dividen dari saham
Membeli rumah bernilai jutaan dolar bukanlah sesuatu yang dapat Anda lakukan keesokan harinya. Tapi yang bisa Anda lakukan adalah berinvestasi pada saham yang membagikan dividen. Perusahaan membayar dividen pemegang saham mereka setiap tahun. Namun, tidak semua perusahaan membayar dividen dan mereka juga tidak diwajibkan untuk membayar dividen.

Jadi, apa yang dihitung sebagai hasil dividen yang tinggi? Pengukur yang baik adalah pengembalian 4 persen ke atas. Untuk membangun portofolio pendapatan pasif, ada dua jenis saham utama yang perlu dipertimbangkan: Real Estate Investment Trust (REITs) dan saham blue chip.

REIT diketahui memiliki hasil dividen yang tinggi dari 4 persen hingga 8 persen, karena mereka wajib membagikan setidaknya 90 persen dari penghasilan kena pajak mereka setiap tahun. Ketika Anda berinvestasi di REIT, Anda berinvestasi di perusahaan yang pada dasarnya adalah tuan tanah, mengumpulkan uang sewa dan mendistribusikan pendapatan sewa kembali kepada pemegang saham sebagai dividen.

Saham blue chip mengacu pada perusahaan besar dan mapan yang mudah dikenali oleh investor ritel. Pikirkan seperti DBS, OCBC, CapitaLand, Sheng Siong, Dairy Farm, Singtel, dan banyak lagi. Di AS, saham blue chip termasuk Apple, Coca-Cola, Procter & Gamble, McDonald's, Berkshire Hathaway, dan banyak lagi. Saham blue chip ini memiliki sejarah memberi penghargaan kepada pemegang saham dengan dividen yang bagus.

Dividen ini dibayarkan secara berkala - bisa setahun sekali, semesteran atau bahkan empat kali setahun. Beberapa perusahaan juga menawarkan dividen skrip, di mana Anda menerima dividen dalam bentuk saham. Tanggal pembayaran bervariasi dari satu saham ke saham lain dan Anda dapat menemukan tanggal pembayaran dividen berdasarkan informasi yang ditemukan di situs mereka.

3. Pendapatan dividen dari Exchange Traded Funds (ETFs)
Jika Anda tidak nyaman memilih satu saham, atau beberapa saham untuk membuat portofolio dividen, Anda dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi di ETF. ETF adalah sekeranjang sekuritas, ditawarkan dengan harga terjangkau, yang berupaya melacak indeks. Seperti saham, ETF terdaftar di bursa saham dan dapat memberi penghargaan kepada pemegang sahamnya dengan dividen.

Misalnya, Nikko AM STI ETF dan SPDR STI ETF keduanya melacak Straits Times Index (STI) - indeks yang terdiri dari 30 saham teratas di Singapura. Dengan berinvestasi dalam ETF semacam itu, Anda mendapatkan eksposur ke 30 perusahaan teratas di Singapura sambil meraup pendapatan dividen setiap tahun. Pada tahun 2020, Nikko AM STI ETF memberikan $ 0,1268 per sekuritas. Artinya, jika Anda memiliki 10.000 unit Nikko AM STI ETF, Anda akan mendapatkan total dividen $ 1.268 tahun itu.

Saat berinvestasi dalam saham atau ETF yang menghasilkan dividen, semakin cepat Anda menambahkannya ke portofolio, semakin cepat Anda dapat memanfaatkan kekuatan penggabungan untuk menumbuhkan kekayaan Anda. Hal ini terutama terjadi di tahun-tahun muda Anda, ketika Anda tidak mengandalkan dividen untuk pendapatan, tetapi menginvestasikannya kembali.

4. Dapatkan pembayaran kupon reguler dengan membeli obligasi
Obligasi, atau produk pendapatan tetap, dianggap sebagai salah satu pilihan investasi yang lebih aman. Ketika Anda membeli obligasi yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan, Anda secara efektif meminjamkan uang Anda kepada perusahaan tersebut, dengan imbalan pembayaran kupon dalam jumlah yang tetap. Dengan obligasi, Anda memiliki kepastian dan visibilitas yang lebih besar atas pembayaran kupon Anda serta tanggal pembayaran.

Mari kita ambil obligasi Astrea VI yang jumlahnya sangat banyak, misalnya. Jika Anda berhasil mendapatkan obligasi Astrea VI, Anda akan menerima 3 persen dari jumlah pokok Anda setiap enam bulan, pada tanggal 18 Maret dan 18 September setiap tahun. Jumlah pokok Anda dapat ditebus setelah lima tahun, atau hingga 10 tahun.

Untuk memulai, satu obligasi berisiko rendah yang populer yang dapat Anda beli adalah Singapore Savings Bonds (SSBs) yang menawarkan pengembalian sederhana yang saat ini berkisar antara 1 persen hingga 2 persen, dengan sedikit atau tanpa risiko.

Namun, ada lebih sedikit likuiditas dalam hal obligasi. Meskipun obligasi dapat dibeli dan dijual di pasar terbuka, mungkin ada kekurangan pembeli yang bersedia membeli obligasi yang Anda pegang. Selain itu, Anda harus siap memegang obligasi hingga jatuh tempo. Dengan adanya obligasi Astrea VI, pemegang obligasi harus siap memegangnya minimal lima tahun.

5. Hasilkan pendapatan melalui fund atau robo-advisor
Selain ETF, ada juga reksa dana atau unit trust yang bisa Anda beli. Ini dapat dibeli melalui platform investasi, robo-advisor atau perusahaan asuransi.

Sejumlah robo-advisor juga memiliki portofolio yang menghasilkan pendapatan.

Misalnya, Portofolio Pendapatan StashAway bertujuan untuk menghasilkan pendapatan dengan berinvestasi di ETF yang terdiri dari obligasi, REIT, dan saham dividen. Ini juga merupakan satu-satunya portofolio mereka dengan persyaratan investasi minimum $ 10.000. Dengan dividen yang dihasilkan portofolio ini, Anda dapat memilih untuk menginvestasikan kembali dividen atau meminta pembayaran dikirim ke rekening bank atau akun SRS Anda.

Baru-baru ini, MoneyOwl telah meluncurkan Fullerton MoneyOwl WiseIncome, sebuah dana yang bertujuan untuk membantu mengamankan masa pensiun Anda dengan memberi Anda aliran pendapatan pasif yang stabil.

6. Pembayaran bulanan dengan rencana anuitas
Selain membangun portofolio pendapatan pasif Anda sendiri, jika Anda mencari pembayaran bulanan selama masa pensiun Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli paket anuitas.

Rencana anuitas adalah rencana pensiun yang dapat Anda beli dari perusahaan asuransi di Singapura.

Saat Anda membeli paket anuitas, Anda dapat memilih untuk membayar premi tunggal, atau premi reguler, untuk periode tetap selama tahun kerja Anda. Setelah mencapai usia pensiun, program ini akan memberi Anda pembayaran bulanan selama jumlah tahun yang tercantum dalam paket, atau seumur hidup Anda, tergantung pada polis yang Anda beli.

Berapa penghasilan pasif yang Anda butuhkan?
Berapa banyak uang yang Anda perlukan setiap bulan? Itu adalah jumlah yang Anda perlukan dalam penghasilan pasif, untuk menikmati kemandirian finansial dan pensiun dini.

Menurut artikel oleh SCMP ini, Anda membutuhkan USD 3,23 juta (S $ 4,3 juta) untuk mencapai kebebasan finansial di Singapura. Jumlah pendapatan pasif ini akan berbeda dari orang ke orang, karena itu tergantung pada gaya hidup Anda dan gagasan Anda tentang pensiun impian. Misalnya, seseorang yang berencana sering bepergian ke luar negeri akan membutuhkan lebih banyak uang untuk menyangga pengeluaran tersebut. Anda juga perlu mempertimbangkan kewajiban keuangan yang harus Anda penuhi, seperti mendanai pendidikan anak Anda dan melunasi hipotek Anda.

Namun, penghasilan pasif bulanan Anda tidak perlu berjumlah besar jika Anda berencana menjalani gaya hidup sederhana dan hemat.

Setelah Anda mengetahui berapa banyak pendapatan pasif yang Anda butuhkan, Anda kemudian dapat bekerja mundur untuk menghitung berapa banyak yang Anda butuhkan dalam investasi (atau jumlah sewa yang perlu Anda hasilkan) untuk mencapainya.

Misalnya, jika Anda membutuhkan $ 4.000 per bulan ($ 48.000 setahun), berinvestasi dalam saham yang memberikan $ 0,50 per saham dalam bentuk dividen per tahun mengharuskan Anda untuk memiliki 96.000 saham. Jika harga saham diperdagangkan pada $ 10, itu setara dengan memiliki $ 960.000 yang diinvestasikan di perusahaan itu.

Jika Anda tahu bahwa Anda akan berlarut-larut saat memikirkan tindakan Anda selanjutnya, salah satu cara untuk mengurangi biaya peluang dan membuat uang Anda berhasil sementara itu adalah dengan berinvestasi dengan robo-advisor. Ini akan membantu Anda menumbuhkan uang Anda sementara Anda mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membangun aliran pendapatan pasif Anda.

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...