Pada Tahun 1997 Sirkuit Sentul di Indonesia Pernah Menjadi Tuan Rumah MotoGP dan Valentino Rossi Menjadi Juaranya

Selasa, 13 April 2021 | 17:53 WIB
Valentino Rossi [Instagram/@valeyellow46] Valentino Rossi [Instagram/@valeyellow46]

RIAU24.COM -  Ada kisah menarik di balik kemenangan bersejarah Valentino Rossi di Sirkuit Sentul dalam gelaran balapan GP Indonesia pada 1997.

Sirkuit Sentul di Indonesia menjadi satu dari 29 sirkuit yang berhasil ditaklukkan Rossi sepanjang kariernya pada ajang MotoGP.

Rossi satu kali menjadi pemenang di Sirkuit Sentul, tepatnya pada balapan kelas 125cc dari seri GP Indonesia pada 28 September 1997.

Saat itu Indonesia harus membayar izin untuk mengadakan GP Indonesia dengan harus merogoh kocek 2 juta Dollar Amerika Serikat.

Baca Juga: Tebak-Tebakan Setelah Marc Marquez Pensiun dari Repsol Honda, Siapa Penggantinya?

Tentunya di tahun 1997 2 juta Dollar AS nilai yang sangant besar dan setara dengan Rp 4,6 Milyar, saat itu kurs Rp 2.300/Dollar.

Memulai balapan dari posisi keempat, Rossi yang saat itu membela tim Aprilia itu sanggup mengambil alih posisi terdepan pada pertengahan lomba.

Rossi dengan nyaman memimpin jalannya balapan. Sambil melakukan wheelie, dia menuntaskan balapan dengan gap 3 detik dari pembalap di belakangnya.

Secara sekilas memang tidak ada yang istimewa dari kemenangan Rossi.

Pembalap asal Tavullia tersebut kala itu sudah rutin memenangi balapan. Gelar juara pun sudah dipastikan Rossi pada dua seri sebelumnya di Republik Ceska.

Namun begitu, ada kisah menarik di balik perjalanan Rossi hingga akhirnya sanggup finis terdepan dalam balapan yang disaksikan publik Tanah Air.

Kemenangan Rossi di Sentul rupanya terjadi setelah sang pembalap mengalami kecelakaan hingga sempat diragukan tampil.

Rossi mengalami kecelakaan sepekan sebelum GP Indonesia digelar, tepatnya pada Sabtu (20/9/1997) malam waktu setempat.

Rossi mengalami kecelakaan setelah menggelar pesta di Tavullia untuk merayakan kesuksesan menjadi juara dunia GP125.

Nahas, mobil Porsche yang ditumpangi Rossi dan ayahnya mengalami kecelakaan tunggal dalam perjalanan ke rumah Rossi di Montecchio.

Rossi awalnya tidak mengalami masalah serius. Namun kondisi Rossi mulai membuat ibunya khawatir setelah dia muntah dan sulit untuk berbicara.

Baca Juga: Kisah Pemain Bola Liga Inggris Yang Tetap Puasa Saat Bertanding; Allah Membantu Kami

Rossi kemudian dilarikan ke rumah sakit di Pesaro. Dokter mendiagnosa Rossi mengalami trauma di kepala akibat benturan ketika kecelakaan terjadi.

Rossi keluar dari rumah sakit pada Minggu sore. Dia menjalani perawatan lanjutan di Forli, di bawah pengawasan Dr. Claudio Costa yang merupakan ahli medis di MotoGP.

Dr. Costa berhasil memulihkan kondisi Rossi hingga memperbolehkannya terbang ke Indonesia.

PenulisR24/riz


Loading...

Terpopuler

Loading...