Rizal Ramli Kembali Sindir Sri Mulyani Sebagai SPG Bank Dunia dan IMF, Ini Sebabnya

Sabtu, 17 April 2021 | 15:17 WIB
Ekonom senior Rizal Ramli Ekonom senior Rizal Ramli

RIAU24.COM -  Untuk kesekian kalinya, ekonom senior Dr Rizal Ramli kembali menyebut Menteri Keuangan Sri Mulyani sebagai Sales Promotion Girl (SPG) dari Bank Dunia dan IMF. Pernyataan itu dilontarkannya setelah Sri Mulyani meminta bantuan IMF dan Bank Dunia dalam kelola beban utang.

"Dasar SPG Bank Dunia/IMF," cuitnya di akun Twitter @RamliRizal, Sabtu 17 April 2021.

Sambil menyertakan emotikon tertawa ramah, Rizal Ramli mewanti-wanti, dengan melibatkan Bank Dunia dan IMF dalam urusan keuangan dalam negeri, Indonesia berpeluang seperti krisis 1998.

"Undang IMF lagi, ekonomi Indonesia akan semakin hancur seperti 1998!" lontarnya. 

Baca Juga: Hidup di DKI Jakarta, Babe Cabita Habiskan Rp143 Juta Per Bulan

Dilansir rmol, sebelumnya Rizal Ramli sempat melontarkan Kritikan serupa terhadap Sri Mulyani. Ketika itu, pemerintah Indonesia menaikkan yield atau imbal hasil dari Surat Utang Negara (SUN) yang tinggi.

Rizal menilai, kebijakan itu hanya menguntungkan lembaga pemberi pinjaman internasional, salah satunya Bank Dunia.

Lebih lanjut, di mata RR penambahan utang adalah jurus aji mumpung yang diperlihatkan Sri Mulyani memanfaatkan badai Covid-19. Ini juga semakin memperkuat dugaan bahwa Sri Mulyani hanya berperan sebagai SPG bagi lembaga pengucur utang seperti IMF dan Bang Dunia.

Baca Juga: Ini Jawaban Fahri Hamzah Usai Namanya Disebut Dalam Sidang Suap Ekspor Benih Lobster

Untuk diketahui, saat acara Komite Pembangunan/Development Commitee (DC) World Bank Spring Meeting 2021 belum lama ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap IMF dan Bank Dunia dapat mendukung negara-negara di seluruh dunia mengelola beban utangnya secara efektif.

"Kami membutuhkan pengawasan dan bimbingan yang lebih besar dari Bank Dunia dan IMF untuk mengatasi masalah utang dan mengurangi tekanan yang meningkat," ujar Sri Mulyani ketika itu. 

Pernyataan itu yang kemudian mengundang kritikan dari Rizal Ramli. ***

PenulisR24/wan


Loading...
Loading...