Nasib Meghan Markle Dan Putri Diana: Mirip Tapi Tidak Sama

Minggu, 02 Mei 2021 | 16:15 WIB
Foto : Kompas.com Foto : Kompas.com
<p>RIAU24.COM -   Jika melihat apa yang telah dilakukan Meghan Markle yang telah mengungkap sisi lain kerajaan Inggris, mulai dari tekanan tugas hingga tuduhan rasisme, sekilas terlihat mirip dengan apa yang dilakukan Putri Diana lebih dari dua dekade lalu.

Saat itu, wanita bernama lengkap Diana Spencer itu pun turut menguak "aib" kerajaan soal tekanan tugas dan perselingkuhan suaminya, Pangeran Charles.

Dalam wawancara dengan presenter kondang Oprah Winfrey pada 7 Maret lalu, Meghan mengungkapkan banyak hal tentang stres pekerjaan yang membuatnya mengalami krisis kesehatan mental. Niat untuk bunuh diri juga terlintas di benaknya. Dia dan suaminya benar-benar merasa berjuang sendiri-sendiri. Sementara itu, kerajaan tidak melakukan apa-apa - jika tidak dikatakan tidak melakukan apa-apa.

Baca Juga: 5 Fase yang Harus Dilalui Seorang Wanita Setelah Putus Cinta

"Mereka mengatakan prihatin dengan betapa buruknya itu, tetapi tidak ada yang bisa kami lakukan untuk melindungi Anda karena Anda bukan karyawan yang dibayar di lembaga ini," kata Meghan.

Begitu juga dengan masalah rasisme. Megan banyak bercerita tentang tanggapan keluarga kerajaan saat sedang mengandung anak Pangeran Harry. Menurutnya, ada salah satu anggota keluarga kerajaan yang mengkhawatirkan betapa gelapnya kulit putranya.

Bayi mereka, kata Meghan, tidak akan diberi pengamanan, tidak diberi gelar karena warna kulitnya. Meski begitu, Meghan enggan mengungkap siapa sosok yang dibicarakan itu. "Saya pikir itu akan menghabiskan banyak biaya."

Tindakan Meghan membuka suaranya sepertinya didukung penuh oleh suaminya, Pangeran Harry. Dia kemudian rela menyerahkan tahtanya sebagai penerus Kerajaan Inggris untuk menjadi rakyat biasa demi hatinya. Bagi Pangeran Harry, ini adalah pilihan paling bijak, untuk melindungi dirinya dan istrinya dari krisis kesehatan mental.

"Kita semua tahu seperti apa pers di Inggris, dan itu merusak kesehatan mental saya. Itu tidak sehat. Jadi, saya melakukan apa yang akan dilakukan suami dan ayah mana pun," kata Pangeran Harry, seperti dikutip CNN, Jumat 19 Maret 2019. 

Baca Juga: Percaya Mitos, Para Penderita COVID-19 di India Yakin Akan Sembuh dan Mendapat Oksigen yang Maksimal Jika Tidur di Bawah Pohon Ini

Pengakuan Meghan kemudian mendapat sorotan dunia. Terutama bagi mereka yang selalu mempertanyakan keberadaan monarki di era modern ini. Pakar hubungan internasional Universitas Indonesia, Evi Fitriani, mengungkapkan dengan pernyataan Meghan, masyarakat Inggris semakin mempertanyakan keberadaan monarki. Ini karena Inggris pernah mengalami krisis kepercayaan publik.

"Banyak orang mempertanyakan mengapa membayar pajak untuk membayar kehidupan seorang bangsawan? Apa untungnya bagi rakyat?" ucapnya seperti dikutip dari Liputan6.com, Jumat 19 Maret.

Di posisi internasional, sama saja. Pengakuan Meghan terhadap rasisme akan merongrong kredibilitas Inggris yang kerap mengkritik negara berkembang, termasuk Indonesia, terkait penerapan HAM. Di sisi lain, dunia internasional akan kembali mempertanyakan hal yang sama di Inggris.

“Dampak kritik Inggris yang dibuat negara lain tidak kredibel atau bisa kita katakan, apa yang menjadi dasar mengkritik kita sementara itu juga terjadi di negara kita sendiri. Enggak usah jauh-jauh, sudah dilakukan ratusan tahun. pendudukan. Penjajahan pada dasarnya adalah rasisme, "tambahnya.

Untuk detail lebih lanjut mengenai sejarah panjang Kerajaan Inggris, kami telah mengulasnya secara panjang lebar melalui artikel "Menelusuri Akar Rasisme Keluarga Kerajaan Inggris ke Eton College".

Selain Meghan, orang yang mengungkap "rahasia dapur" Istana Buckingham tak lain adalah ibu dari suaminya, Putri Diana. Memang, Meghan dan Diana sama-sama membocorkan "aib" kerajaan, namun bedanya, Lady Di juga berurusan dengan suaminya sendiri, Pangeran Charles.

Pasalnya dalam wawancara dengan BBC pada 1995, Diana mengungkap masalah rumah tangganya, termasuk perselingkuhan suaminya Pangeran Charles dengan Camilla Parker Bowles. Diana seperti pejuang sendirian yang bertarung melawan keluarga "raksasa".

Dalam program bertajuk Panorama, Putri Diana membeberkan konflik rumah tangganya kepada wartawan BBC, Martin Bashir. Wartawan itu bertanya kepada Putri Diana apakah dia mengetahui dugaan perselingkuhan Charles dengan Camilla. Putri Diana menjawab: Oh, naluri wanita sangat bagus.

Putri Diana mengaku mengetahui tentang skandal tersebut. Perselingkuhan tersebut, kata Putri Diana, terlihat dari perubahan tingkah laku Charles. Setelah itu, Putri Diana mengungkapkan kekesalannya atas perselingkuhan suaminya dengan mengungkapkan bahwa dirinya mengidap penyakit rahasia, yaitu bulimia. Penyakit itu memungkinkan Putri Diana makan hingga lima kali sehari.

“Saya melakukannya sendiri karena harga diri saya jatuh. Dan saya tidak berpikir saya layak atau berharga. Saya mengisi perut saya empat atau lima kali sehari. Beberapa melakukan lebih banyak, dan itu memberi saya rasa nyaman, "kata Putri Diana dalam sebuah wawancara.

Selain itu, langkah Putri Diana dalam menjalani kehidupan seringkali tidak dapat diprediksi. Putri Diana bahkan menjadi pionir yang mengubah kekakuan warga Inggris dalam melihat tradisi keluarga kerajaan. Berbeda dengan Meghan Markle yang tetap mengemukakan pro dan kontra. Putri Diana bahkan dicintai oleh seluruh warga dunia, termasuk menyukai setiap kontroversi.

Di satu sisi, Diana digambarkan sebagai sosok yang fotogenik, lincah, dan glamor. Ia juga selalu berhasil menjadi korban media massa. Di sisi lain, Diana dikenal manipulatif, intuitif, dan bintang media massa. Popularitas ini bahkan dirasakan hingga era sekarang, meski Putri Diana sudah meninggal dua dekade lalu, di usia 36 tahun.

“Keluarga kerajaan, setelah kematian Diana, berhutang ketekunan padanya. Sang ratu bahkan sangat waspada untuk mempelajari pelajaran dari pengalaman. Dan dalam hal ini, pelajarannya adalah, 'Jangan salah ambil sisi opini publik,' ”kata kolumnis The New York Times, Jumat 19 Maret.

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...