Keramaian di Pasar Tanah Abang; Masyarakat Didesak Cari Alternatif Untuk Belanja Kebutuhan Lebaran

Senin, 03 Mei 2021 | 10:56 WIB
Foto : Kompas.com Foto : Kompas.com

RIAU24.COM -  Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat mengalami lonjakan dramatis jumlah pelanggan akhir pekan ini, Polda Metro Jaya meminta masyarakat mencari pasar alternatif untuk melengkapi belanja liburan menjelang Idul Fitri.

“Lebih baik mencari alternatif dari pusat perbelanjaan lain karena kita tahu beberapa tempat seperti Tanah Abang dan Thamrin City cukup padat dengan orang-orang yang berbelanja,” kata juru bicara kepolisian daerah Kombes. Yusri Yunus di Tanah Abang pada Minggu 2 Mei 2021.

Baca Juga: Viral Kelompok Berseragam Militer Papua Nugini Nyatakan Perang ke TNI dan Bela Separatis Papua Barat

Himbauan itu dilakukan untuk mencegah kerumunan yang lebih besar yang dapat menyebabkan penularan Covid-19.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membenarkan ada lonjakan lebih dari dua kali lipat jumlah pengunjung di pasar grosir kota.

"Terjadi lonjakan pengunjung dari 35.000 [pada hari biasa] menjadi 87.000 pada Sabtu, dan hari ini berdasarkan data awal diperkirakan sekitar 100.000," kata Anies di pasar, Minggu.

Anies bersama Kepala Polda Metro Jaya Insp. Jenderal Fadil Imran dan Pangdam Mayjen Dudung Abdurachman mengunjungi Blok A pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara pada Minggu, 2 Mei 2018.

Baca Juga: Ini Panduan Shalat Idul Fitri di Rumah

Ketiganya juga meninjau pusat perbelanjaan Thamrin City dan Stasiun Tanah Abang menyusul video viral dari banyaknya pengunjung pasar menjelang libur Idul Fitri.

Polda Metro Jaya dan TNI mendirikan pos pengamanan untuk mengantisipasi keramaian lebih lanjut di Pasar Tanah Abang. Sebanyak 2.500 personel gabungan dikerahkan untuk mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan.

PenulisR24/ibl


Loading...
Loading...