IDI Sebut Kerumunan di Tanah Abang Akan Bersaing Dengan Kerumunan Lainnya : Yang Ini Boleh Berkerumunan, Kenapa Yang Lain Enggak?

Senin, 03 Mei 2021 | 10:42 WIB
Zubairi Djoerban [Instagram/@profesorzubairi] Zubairi Djoerban [Instagram/@profesorzubairi]

RIAU24.COM -  Hari raya Idul Fitri akan dilaksanakan beberapa hari lagi, sejumlah masyarakat mulai memadati pusat-pusat perbelanjaan. Begitu pun yang terjadi di Pasar Tanah Abang beberapa hari terakhir. Masyarakat berkerumun memadati pasar tanpa menjaga jarak.

Ketua Satuan Tugas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Zubairi Djoerban pun merespon lewat media sosial Twitter pribadinya @ProfesorZubairi terkait adanya kerumunan di pasar Tanah Abang.

Zubairi bahkan menghawatirkan munculnya kerumunan saingan. Pasalnya, melihat kerumunan di pasar saja bisa terjadi, akan ada semacam sikap saling menuntut dari masyarakat.

Baca Juga: Viral Kelompok Berseragam Militer Papua Nugini Nyatakan Perang ke TNI dan Bela Separatis Papua Barat

“Tarik napas dalam-dalam melihat kerumunan di Tanah Abang. Ya, apa mau dikata. Kerumunan ini nanti bersaing dengan kerumunan lainnya. Saling menuntut. Yang ini boleh berkerumun, kenapa yang lain enggak. Muncul drama nasional lagi. Ya, mudah-mudahan sehat-sehat semua ya. Amin,” cuit Zubairi, Senin, (3/5).

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut terdapat 100 ribu orang memadati Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/4) hari ini.

Anies menyebut kenaikan pengunjung mulai terlihat sejak Sabtu (2/4) kemarin dengan 87 ribu orang. Jumlah itu meningkat drastis setelah pada hari sebelumnya ada 35 ribu pengunjung.

Baca Juga: Ini Panduan Shalat Idul Fitri di Rumah

Kini sebanyak 670 personel gabungan dikerahkan untuk mengantisipasi kerumunan jelang Hari Raya Idul Fitri di kawasan Pasar Tanah Abang.

Kapolsek Metro Tanah Abang AKBP Singgih Hermawan menjelaskan, beberapa titik rawan kerumunan itu terjadi di Pasar Blok A, B, F, G dan Skybridge Tanah Abang beserta Stasiunnya.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...