Sabar, Harga Emas Naik Jelang Lebaran 2021

Selasa, 04 Mei 2021 | 10:39 WIB
Foto : VOI Foto : VOI

RIAU24.COM -  Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kenaikan harga emas perhiasan sepanjang April. Kenaikan harga emas mendorong inflasi inti naik 0,14 persen di bulan April dari 0,03 persen bulan sebelumnya. Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto mengatakan inflasi inti berkontribusi 0,09 persen terhadap keseluruhan inflasi yang tercatat sebesar 0,013 persen bulan ke bulan (mtm) pada April 2021.

Lebih lanjut Setianto mengatakan, kenaikan inflasi tersebut disumbang oleh kenaikan harga emas perhiasan yang permintaannya meningkat menjelang Idul Fitri.

Baca Juga: Harga Emas Batang Antam Hari Ini Naik Rp 10.000, Berikut Rinciannya

“Kenaikan pembelian emas perhiasan menjelang Idul Fitri akan berdampak pada harga emas perhiasan pada April 2021,” ujarnya dalam jumpa pers virtual, Senin, 3 Mei.

Setianto mengatakan, kenaikan harga emas perhiasan selama periode tersebut dipicu kenaikan harga emas batangan. Ia menambahkan, dari 90 kota IHK yang dipantau BPS, terdapat 60 kota yang mengalami kenaikan harga emas perhiasan. Kenaikan tertinggi terjadi di Parepare, Medan dan Bukittinggi masing-masing sebesar tiga persen.

Sebelumnya, BPS mencatat, inflasi Februari 2021 sebesar 0,10 persen mtm. Salah satu hal yang menghambat laju inflasi pada Februari 2021 adalah turunnya harga emas perhiasan yang berkontribusi terhadap deflasi 0,02 persen.

Komoditas emas perhiasan ini milik grup Personal Care and Other Services. Kelompok ini sendiri mengalami penurunan harga sebesar 0,14 persen mom dan memberikan sumbangan deflasi sebesar 0,01 persen.

“Kita tahu harga emas batangan dan logam mulia di pasar internasional mengalami penurunan dan ini akan berdampak pada jatuhnya harga emas perhiasan dibandingkan Januari 2021,” kata Kepala BPS Suhariyanto, Senin, 1 Maret 2018.

Baca Juga: Pandemi, Biden Tetapkan Dana Stimulus Bulanan Untuk Anak, Dibayar Mulai Bulan Juli

Harga emas dunia naik
Sekadar informasi, hari ini harga emas logam mulia 1 gram Antam di Pegadaian masih dibandingkan hari sebelumnya. Mengutip laman Pegadaian, harga emas hari ini, Selasa, 4 Mei untuk logam mulia 1 gram Antam di Pegadaian sudah mencapai Rp 921 ribu.

Logam mulia Antam dijual dalam bentuk batangan dengan berbagai ukuran berat, misalnya 1 gram, 2 gram, 5 gram, hingga 1.000 gram.

Pelemahan dolar AS menjelang serangkaian rilis data AS mendongkrak harga emas dunia. Mengutip Reuters, harga emas di pasar spot pagi ini naik 0,1 persen menjadi 1.770,66 dolar AS per ounce, sedangkan emas berjangka AS naik 0,2 persen menjadi 1.770,30 dolar AS per ounce.

Sementara itu, Palladium naik 0,3 persen menjadi 2.944,19 dolar per ounce, setelah mencapai level tertinggi sepanjang masa di US $ 3.007,73 per ounce akhir pekan lalu. Indeks dolar turun 0,1 persen terhadap berbagai mata uang lainnya, membuat harga emas lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

Namun, Menteri Keuangan AS Janet Yellen pada Minggu 2 Mei 2021 menepis kekhawatiran bahwa rencana stimulus infrastruktur Presiden Joe Biden akan mengarah pada inflasi. Sekadar informasi, belanja konsumen AS pulih pada Maret di tengah melonjaknya pendapatan karena rumah tangga mendapat tambahan uang dari pemerintah.

PenulisR24/ibl


Loading...
Loading...