Gak Sengaja Pindahkan Batu Pembatas, Petani Ini Berhasil Persempit Negara Prancis

Rabu, 05 Mei 2021 | 09:58 WIB
googlr googlr

RIAU24.COM -  Seorang petani di Belgia tak sengaja memindahkan pembatas negaranya dengan Prancis

Petani itu sedang mengemudikan traktor di hutan saat sebuah batu besar menghalangi jalannya, ia lantas turun dari traktor dan memindahkan batu tersebut.
Baca Juga: Tokoh-tokoh Yang Serukan Solidaritas Terhadap Palestina


Baru-baru ini, seseorang berjalan melewati hutan itu dan melihat penanda batas negara berupa batu itu sudah berpindah tempat. Orang yang lewat itu, kebetulan amat menggemari sejarah, tentu saja dia tahu, bahwa batu itu bukanlah sembarang batu.

Pembatas itu sudah berpindah sejauh 7,5 kaki, secara tak langsung melebarkan geografis Belgia.

"Dia menjadikan area Belgia lebih luas, dan Prancis lebih kecil. Ini bukan hal yang bagus," ujar David Lavaux, walikota desa Erquelinnes di Belgia.

Tindakan yang tak disengaja itu, menurut Lavaux dapat menimbulkan masalah bagi pemilik tanah pribadi dan negara tetangga. Kendati demikian, kisah petani yang tak tahu menahu soal batu itu berhasil mengundang gelak tawa orang-orang Prancis dan Belgia.

Baca Juga: Intelijen Ungkap Peran Iran Dalam Tingkatkan Kemampuan Rudal Hamas Dalam Menaklukkan Iron Dome Israel
"Saya senang, kota saya jadi lebih besar," imbuh Lavaux sambil tertawa.

Prancis dan belgia berbagi perbatasan 390 mil yang didirikan sesuai dengan perjanjian 1820 yang ditandatangani setelah kekalahan Napoleon di Waterloo.

Batu itu ditempatkan saat perbatasan pertama kali diputuskan pada tahun 1819.

Pihak berwenang Belgia berencana untuk menghubungi si petani, memintanya untuk mengembalikan posisi batu tersebut ke tempat semula. 

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...