Berabad Abad Lamanya Disangka Pria, Ternyata Mumi Asal Mesir Kuno Ini Wanita Hamil

Rabu, 05 Mei 2021 | 10:22 WIB
Twitter: Warsawa Mummy Project Twitter: Warsawa Mummy Project

RIAU24.COM -  Tim ilmuwan asal Polandia menemukan bahwa seorang mumi yang awalnya disangka berjenis kelamin pria, ternyata seorang wanita, Kamis (29/4/2021).

Para ilmuwan mengungkap kebenaran ini setelah dilakukannya pemeriksaan radiologis terhadap mumi yang ditemukan di makam kerajaan di Thebes, Mesir Hulu itu. Kini, mumi itu disimpan di Museum Nasional di Warsawa.
Baca Juga: Babe Cabita Ikut Dukung Save Palestina, Netizen Langsung Bilang Begini


“Hal yang mengejutkan kami adalah mumi itu tidak memiliki penis, tetapi memiliki payudara dan dia berambut panjang. Kami mengungkapkan bahwa dia adalah wanita hamil,” kata Marzena Ozarek-Szilke, ahli biologi dan paleopatologi di Proyek Mumi Warsawa.

Mumi wanita yang diperkirakan berasal dari komunitas elit Theban, meninggal di antara usia 20-30 tahun, sedangkan janin bayinya berkisar antara minggu ke-26 kehamilan.

“Ketika kami melihat kaki kecil dan kemudian tangan kecil (janin), kami sangat terkejut.”

Baca Juga: Warisi Darah Pemberani Ayahnya, Putri Almarhum Jenderal Iran Ini Ajak Lakukan Aksi Intifadah Melawan Israel
Mumi yang kemudian oleh para tim ilmuan dinamai “Lady Misterius” tampaknya memiliki status sosial tinggi, karena lekuk tubuhnya yang amat indah.

Seorang pedagang barang antik abad ke19 diduga merampok seperangkat jimat dan 15 benda lainnya, dan meletakkannya di peti mati yang salah. Karenanya, prasasti di peti mati itu membuat para peneliti abad ke-20 salah menyimpulkan bahwa mumi itu adalah seorang pendeta pria bernama Hor-Djehuti.

“Mumi ini memberikan kesempatan baru untuk studi kehamilan di zaman kuno,” tulis para peneliti dalam artikel yang diterbitkan di Journal of Archaeological Science.

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...