Berkecimpung di Dunia Gelap, 5 Mafia Ini Diakui Paling Kaya di Dunia

Kamis, 06 Mei 2021 | 20:48 WIB
Google Google

RIAU24.COM -  Lama berkecimpung di dunia gelap, membuat sederet mafia ini kaya dengan melakukan segala hal, baik menjual narkoba dan lain-lain.

1. Griselda Blanco - US$2 Miliar (Rp26 triliun)

Griselda Blanco, yang juga dikenal sebagai ‘Black Widow’ atau ‘Ratu Kokain dari Miami’ adalah seorang ratu obat bius untuk kartel Colombian Medellin.

Baca Juga: Hantamkan Mobilnya ke Tentara Israel, Wanita Palestina Ditembak Mati

Sebelum rezim Eskobar, ia mengendalikan perdagangan kokain dengan tindak kekerasan dengan menghasilkan USD 80 juta per bulan. Grisela sejak kecil sudah akrab dengan dunia hitam.

2. Carlos Lehder - US$2,7 Miliar (Rp35,4 triliun)

Lehder merupakan salah satu pendiri kartel Colombian Medellin. Kokain membuat Lehder menjadi sangat kaya, bahkan ia bisa membeli pulau di Bahamas dan menawarkan diri untuk melunasi hutang negara Kolombia sebanyak dua kali.

Pada 1970 dan 80-an, kartel mendominasi perdagangan dari Kolombia ke AS, dan beroperasi selama bertahun-tahun dengan impunitas. Mereka menyuap pihak berwenang dan membunuh oposisi mereka.

3. Joaquin ‘El Chapo’ Guzman Loera - US$5 Miliar (Rp65,6 triliun)

El Chapo adalah pengedar narkoba paling terkenal di Meksiko. Ia mengendalikan sebagian besar kokain dan peredaran ganja dari beberapa negara di seluruh dunia. El Chapo masuk dalam daftar 1.000 orang terkaya menurut Forbes.

Ia juga masuk dalam daftar 60 orang paling berkuasa di dunia. El Chapo sudah dua kali kabur dari penjara dan kini menjadi buronan FBI.

4. Amado Carrillo Fuentes - US$25 Miliar (Rp328 triliun)

Fuentes adalah pemimpin kartel Mexican Juarez. Ia dikenal sebaga ‘Lord of The Skies’ karena menggunakan pesawat untuk mengimpor kokain dari Kolombia ke Meksiko.

Pejabat setempat menyebutnya sebagai penjual narkoba paling berkuasa di eranya. Ia meninggal saat menjalani operasi plastik untuk mengubah penampilannya pada tahun 1997.

Baca Juga: Dikhawatirkan Sakit Jantung, Kim Jong Un yang Semakin Kurus Belum Tunjuk Penerusnya

5. Pablo Escobar - US$30 Miliar (Rp394 triliun)

Escobar mungkin adalah raja narkoba paling terkenal di era modern. Ia menjalankan bisnis kartel Mardellin dengan dengan mengeksplor milyaran dolar kokain ke As.

Kekayaannya itu membuat ia menjalani orang paling berkuasa dan mampu menyuap para pejabat. Tahun 1993, Escobar dibunuh oleh pasukan Kolombia dengan bantuan As. Kisahnya tersebut akhirnya dibuat series oleh Netflix.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...