Luar Biasa, Ilmuwan Membuat Kain Yang Dapat Dibalik Ke Dalam, Membuat Penggunanya Merasa Lebih Hangat Atau Bahkan Kedinginan

Selasa, 11 Mei 2021 | 14:09 WIB
Foto : Indiatimes Foto : Indiatimes
<p>RIAU24.COM - Sekelompok peneliti China telah mengembangkan kain yang dapat dibalik dan akan membuat suhu tubuh Anda tetap dingin dengan mengeluarkan panas atau menghangatkan tubuh dengan menjebak radiasi matahari yang hangat, dan bisa mengatur suhu sesuai keinginan pemakainya, bahkan dapat menghasilkan tenaga.

Dilaporkan pertama kali oleh FastCompany, temuan mereka telah dipublikasikan di Nano Letters.

Kain kemeja terbuat dari lapisan polimer dan serat kapas yang direkayasa dengan struktur dan pelapis khusus. Untuk menjaga kehangatan, bahan ini dilapisi seng dan tembaga nanopartikel yang menyerap energi matahari seperti panel surya, namun alih-alih mengubah sinar matahari menjadi listrik, ia berubah menjadi panas. Di sisi lain, sisi kain yang dingin mendapat lapisan aluminium yang sangat tipis. Permukaannya terlihat seperti kain lainnya, namun aluminium, karena sifatnya, memantulkan sinar matahari - mirip dengan cermin - menyebabkan panas memantul dari baju. Apalagi kainnya juga sudah dibuat keropos sehingga keringat bisa menguap.

Baca Juga: Grace, Robot Kesehatan yang Dirancang Untuk Membantu Para Lansia dan Pasien yang Diisolasi Akibat Covid-19

Secara keseluruhan, kain ini mampu menjaga pemakainya tetap hangat 14 derajat atau 11 derajat lebih dingin, tergantung di sisi mana.

Tetapi hal paling keren tentang kemeja ini adalah kemampuannya untuk menghasilkan listrik. Ini dilakukan dengan bantuan generator termoelektrik di dalam kain Janus dari perbedaan suhu antara sisi panas dan dingin. Daya tidak terlalu besar - kira-kira sekitar satu watt, tetapi ini dapat dengan mudah memberi daya pada sensor kecil di masa mendatang.

Menurut para peneliti, kain ini lebih dari sekadar konsep - sebenarnya praktis untuk dibawa ke pasar. Kainnya tidak mahal untuk diproduksi dan juga bisa dicuci dengan mesin.

Baca Juga: Karbon Dioksida Berada di Tingkat Tertinggi di Udara, Hal Ini yang Ditakutkan Akan Terjadi

Para peneliti mengakui bahwa efisiensi pendinginan mengalami pukulan kecil setelah lima kali pencucian pertama, tetapi menurut mereka, pemakainya hampir tidak menyadarinya.

Mereka menyimpulkan dengan menyatakan bahwa dengan meningkatnya suhu ekstrim di planet kita, kain berteknologi tinggi seperti itu dapat membantu kita tetap produktif dan menjalani kehidupan yang lebih baik di lingkungan luar ruangan.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...