Balai Ternak BAZNAS Siak Penuhi Pesanan Hidangan Olahan Daging

Rabu, 12 Mei 2021 | 13:28 WIB
Balai Ternak BAZNAS Siak Penuhi Pesanan Hidangan Olahan Daging (foto/lin) Balai Ternak BAZNAS Siak Penuhi Pesanan Hidangan Olahan Daging (foto/lin)

RIAU24.COM - SIAK- Balai Ternak BAZNAS kabupaten Siak merupakan titik pemberdayaan peternak yang dibina oleh LPPM BAZNAS RI  bersama BAZNAS Kabupaten Siak yang menjalankan usaha pembibitan dan penggemukan dengan komoditas ternak kambing yang baru dijalankan pada tahun 2021. 

Selain menerima permintaan jual beli ternak, kelompok peternak mustahik juga menerima pesanan pengolahan daging ternak menjadi olahan masakan siap saji, baik untuk aqiqah atau pesanan khusus seperti untuk paket berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Hal ini di sampaikan oleh Ketua Balai Ternak Baznas Siak Ustadz Mahmud, kepada media.

Baca Juga: Resmikan Sarana Prasarana Bank Sampah Induk Pelangi, Bupati Siak Berharap Target Limbah Berkurang 30% Tahun 2025 Tercapai

Mahmuda melanjutkan bahwa Balai ternak Mustahik yang di kelola, dipenghujung ramadhan para Peternak Mustahik binaan BAZNAS di Kabupaten Siak mendapat pesanan dari masyarakat dalam rangka memenuhi pesanan paket berbuka puasa berupa gulai kare kambing.

"Selain untuk paket berbuka puasa, kami juga menyediakan hewan qurban, untuk aqiqah, dan olahan daging kambing siap saji," ujarnya. 

Disampaikannya, semua proses pengolahan pesanan paket hidangan kambing dilakukan oleh peternak  sekaligus memberdayakan istri peternak. Mulai dari pemotongan, pengolahan masakan, pengemasan, dan distribusi dilakukan oleh peternak mustahik dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Baca Juga: Lantik Penjabat Kepala Desa Tegalrejo Jaya, Wabup Inhil: Jalankan Tugas Dengan Sebaik-baiknya

Kata Mahmuda, peternak mendapatkan manfaat peningkatan penghasilan dari olahan kambing dan juga mendapatkan keuntungan dari penjualan ternak. Peternak sangat senang mendapatkan pesanan ini karena diawal program sudah bisa menghasilkan pendapatan dari pengolahan ternak yang dipelihara.

"Insya Allah kami akan kembangkan lagi peternakan untuk mustahik ini. Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan para mustahik," ucapnya.

PenulisR24/lin


Loading...
Loading...