Rizal Ramli Sebut Menteri Jokowi Ini Harus Ikut Tanggung Jawab Soal 75 Pegawai KPK Gagal TWK

Rabu, 19 Mei 2021 | 10:01 WIB
Ekonom Senior, Rizal Ramli Ekonom Senior, Rizal Ramli

RIAU24.COM - Ekonom Senior, Rizal Ramli menyebutkan Menteri Pendayaangunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo turut bertanggung jawab soal tidak lolosnya 75 pegawai KPK dalam Test Wawasan Kebangsaan (TWK).

Dikutip dari Rmol.id, Selasa, 18 Mei 2021, dia menilai jika hal tersebut kampungan dan norak. "Tes-tes itu di bawah kordinasinya (Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo)," ujar Rizal Ramli saat diundang untuk ikut berbicara dalam talkshow Cangkir Opini yang dipandu ahli hukum tatanegara Refly Harun.

Dia menambahkan, ujian untuk pegawai adalah hal yang wajar. Namun, itu  harus dilakukan secara profesional, dengan pertanyaan yang memang credible.

Baca Juga: Cover Boruto Chapter 59 Bocor, Kawaki Tampilan Baru?

"Tapi, ternyata tes-tes itu (TWK untuk pengalihan fungsi Pegawai KPK) pertanyaannya kampungan, norak, dan dibikin oleh orang yang sama sekali tidak cerdas," kata dia lagi.

"Saya minta Mas Tjahjo ikut tanggung jawab. Jangan sembunyi," sambungnya.

Rizal Ramli berujar, penting untuk mengetahui apa motif di balik upaya melakukan pembersihan terhadap 75 Pegawai KPK yang tidak lulus TWK itu. Hal yang sering didengar, Pegawai KPK yang tidak memenuhi syarat menjadi ASN lewat TWK itu adalah "Taliban".

Baca Juga: Hati-hati, Jangan Tergiur SMS Jebakan Pinjol Ilegal, Modus Pinjaman Bunga Rendah

Masih kata Rizal Ramli, dirinya mengenal baik Novel Baswedan yang telah mengumumkan bahwa dirinya termasuk dalam 75 Pegawai KPK yang tidak memenuhi syarat.

"Saya impressed. Mereka profesional dan mereka memiliki etika kerja yang bagus. Tetapi dalam memilih kasus bukan kewenangan mereka. Didrive. Padahal, seharusnya siapapun kalau korupsi besar harus diadili. Karena KPK tidak dimaksudkan untuk menangkapi kasus-kasus yang kecil," terangnya.

PenulisR24/ibl


Loading...
Loading...