Terowongan Bawah Tanah yang Menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral di Jakarta Sudah Selesai

Senin, 31 Mei 2021 | 20:56 WIB
Google Google

RIAU24.COM -  Pengerjaan terowongan penghubung masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta ditargetkan rampung pada Juni 2021.

Baru-baru ini beredar penampakan foto terowongan penghubung Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral tersebut di media sosial.

Foto viral itu dibagikan akun Instagram @lambe_turah, Minggu (30/5). Disebutkan terowongan yang diberi nama Terowongan Silaturahmi telah rampung.

Baca Juga: Korut Eksekusi Maati Siswa yang Selundupkan dan Jual Film Squid Game

Tampak arsitektur terowongan begitu modern. Namun tidak menghilangkan kecantikan desain Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral yang merupakan bangunan cagar budaya.

Tetapi sampai saat ini Kementerian PUPR maupun Pemerintah setempat belum berencana meresmikan terowongan bawah tanah Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal ini.

Terowongan Silaturahmi dibangun dengan panjang 33,8 meter, tinggi 3 meter, lebar 4,5 meter dengan total luas terowongan 339,97 meter persegi.

Jarak terdekat pintu masuk terowongan dengan Gereja Katedral, yakni 32 meter. Hal itu untuk memastikan keamanan struktur Katedral.

Sementara jarak terdekat terowongan dengan gerbang Masjid Istiqlal adalah 16 meter.

Arsitektur terowongan ini dibangun dengan gaya modern di mana eksteriornya menggunakan material transparan sehingga kecantikan desain Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral yang merupakan bangunan cagar budaya tidak terhalang.

Baca Juga: 50 Tahun Menikah, Luhut Beberkan Tips Pernikahan Awet

Terowongan Silaturahmi ini akan menjadi ikon kebhinekaan melengkapi tempat ibadah Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

Di samping sebagai ikon kebhinekaan, pembangunan terowongan penghubung Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral ini berfungsi memudahkan akses jamaah antar bangunan rumah ibadah untuk memenuhi kebutuhan ruang parkir tanpa mengganggu arus lalu lintas saat ini.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...