KCIC Lakukan Pembicaraan Terkait Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, Sesuai Permintaan Jokowi

Jumat, 04 Juni 2021 | 11:38 WIB
Foto : Tempo Foto : Tempo

RIAU24.COM - Manajemen pengembang kereta api berkecepatan tinggi, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), berbicara tentang keinginan Presiden Joko Widodo untuk memperpanjang rute kereta cepat Jakarta-Bandung ke Surabaya. Sekretaris Perusahaan Mirza Soraya mengatakan konsorsium masih menunggu penugasan pemerintah.

“Rapat koordinasi masih dilakukan di tingkat kementerian. Kami menunggu pemerintah. Kalau disuruh perpanjang sampai Surabaya, akan kami laksanakan. Kami hanya pelaksana dan operator. Jadi keputusan ada di pemegang saham,” kata Mirza saat ditemui di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 3 Juni.

Dia menjelaskan, studi kelayakan proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya belum dimulai. KCIC masih fokus menyelesaikan pembangunan KA Jakarta-Bandung yang ditargetkan bisa dioperasikan pada akhir 2022.

Baca Juga: Hidup di DKI Jakarta, Babe Cabita Habiskan Rp143 Juta Per Bulan

Namun, KCIC akan sekaligus melakukan kajian tentang perpanjangan KA jika ada tugas pemerintah. Perusahaan akan mengantisipasi kendala yang muncul selama pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto pada Mei tahun lalu mengatakan Jokowi telah menginstruksikan megaproyek itu terintegrasi hingga Surabaya. Rencana perpanjangan yang bertujuan untuk mengintegrasikan proyek konektivitas modern itu akan dikaji oleh Kementerian BUMN.

Baca Juga: Ini Jawaban Fahri Hamzah Usai Namanya Disebut Dalam Sidang Suap Ekspor Benih Lobster

Kereta cepat Jakarta-Bandung diprediksi memperpendek waktu tempuh ibu kota dan Bandung Jawa Barat dari tiga jam menjadi 40 menit dengan kecepatan 350 kilometer per jam.

PenulisR24/ibl


Loading...
Loading...