Pedagang Tempe dan Tahu di Bengkalis Keluhkan Terus Melonjaknya Harga Kacang Kedelai

Jumat, 04 Juni 2021 | 12:40 WIB
Khairul Saleh salah satu pedagang Tahu di pasar terubuk Bengkalis Khairul Saleh salah satu pedagang Tahu di pasar terubuk Bengkalis

RIAU24.COM - BENGKALIS - Melonjaknya harga kacang kedelai membuat pengrajin Tempe dan Tahu di Kabupaten Bengkalis, khususnya para pedagang di pasar terubuk kewalahan ditambah lagi dimasa pandemi Covid-19 ini.

Seperti diungkapkan Andi salah satu pedagang Tempe di pasar terubuk Bengkalis, Jalan Kelapapati Laut, Jumat 4 Juni 2021 saat diwawancarai wartawan.

"Kami sebagai pengrajin tahu dan tempe saat ini memang mengeluh dikarenakan terus naiknya harga kacang kedelai. Ditambah lagi dimasa pandemi covid-19 ini. Kita juga sebagai pedagang sangat mengkhawatirkan dengan usaha kami, lantaran setiap minggunya harga kedelai terus melonjak naik,"ungkap Andi.

Baca Juga: JPU Tuntut Mati Tiga Terdakwa Warga Jangkang Kasus Puluhan Kilogram Narkotika

Menurutnya, dimasa pandemi covid-19 saat ini terus terjadi, sebagai pedagang tempe jauh menurun soal pendapatan yang sebelumnya bisa 1 karung kedelai berisi 50 kg perhari, kini juga jauh merosot.

"Saat ini jauh menurunnya karena lonjakan harga kedelai sangat tinggi dan jika kita naikkan harga tempe, konsumen banyak yang ribut jadi kami serba salah,"ujarnya lagi.

Senada juga disampaikan Khairul Saleh mengatakan bahwa, dirinya saat ini memproduksi Tahu selalu membatasinya, karena melonjaknya harga kedelai. 

Baca Juga: Overload 300% Pemkab Bengkalis Akan Bangun Kamar Blok Lapas IIA

"Dengan kondisi ini, kami memang sangat mengeluh dengan lonjakan harga kedelai yang naik kurang lebih 50%. Dengan lonjakan harga kedelai ini kami minta kepada pemerintah agar bisa membantu para pengrajin tempe dan tahu agar untuk menurunkan harga tersebut seperti biasanya,"ucapnya.

Menurut informasi yang dirangkum, saat ini, harga kedelai per kampit sekitar Rp500 ribu, sebelumnya harga kedelai perkampit itu masih Rp300 ribu. Naiknya harga kedelai dikabupaten Bengkalis dari bulan Ramadhan kemarin dan sampai saat ini, harga kedelai masih tetap naik.

 

PenulisR24/hari


Loading...
Loading...