Takjub! Kerangka Dinosaurus Sebesar Lapangan Bola Basket Ditemukan di Australia

Selasa, 08 Juni 2021 | 19:19 WIB
Kredit foto: Buzz News Post Kredit foto: Buzz News Post
<p>RIAU24.COM - Ahli paleontologi di Australia mengidentifikasi spesies dinosaurus baru, menamakannya Australotitan cooperensis dan mengakuinya tidak hanya sebagai yang terbesar yang pernah berkeliaran di benua itu, tetapi juga di antara yang terbesar di dunia.

Australotitan, atau titan selatan, adalah sauropoda berleher panjang yang tingginya diperkirakan mencapai 5-6,5 meter (16-21 kaki), dan panjangnya 25-30 meter (82-98 kaki).
Baca Juga: Gawat! Salah Satu Gletser Terbesar di Antartika Bakal Runtuh, Dampaknya Apa Bagi Dunia?
 
Ukuran ini ibarat lapangan basket dan setinggi gedung dua lantai.

Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal PeerJ pada hari Senin (7/6), dikutip dari Al Jazeera.

"Ini sudah lama datang, tapi kami sangat bangga untuk memamerkan spesies dinosaurus terbesar di Australia," kata Scott Hocknull, paleontolog di Museum Queensland dan salah satu penulis studi tersebut. 

“Kami tahu itu adalah dinosaurus pemakan tumbuhan. Dinosaurus ini memiliki leher yang sangat panjang dan ekor yang sangat panjang dan memiliki tampilan brachiosaurus yang khas. Tapi itu sangat besar. Itu adalah titanosaurus.”
Baca Juga: Ini Dia Kepala Negara Asing Pertama yang Ucapkan Selamat Setelah Ebrahim Raeisi Terpilih Sebagai Presiden Iran 
Dinosaurus itu diperkirakan telah hidup lebih dari 90 juta tahun yang lalu, selama periode Cretaceous, dan diperkirakan memiliki berat sekitar 67 ton.

“Ini adalah dinosaurus terbesar yang pernah berjalan di bumi dan berdasarkan perbandingan ukuran tungkai yang diawetkan, titanosaurus baru ini diperkirakan berada di lima besar terbesar di dunia,” kata Robyn Mackenzie, direktur Museum Sejarah Alam Eromanga.

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...